11 Orang Luka-luka dan 202 Bangunan Rusak Akibat Gempa Malang


Sabtu, 10 April 2021 - 20:41:31 WIB
11 Orang Luka-luka dan 202 Bangunan Rusak Akibat Gempa Malang Bangunan RSUD Mardi Waluyo Blitar yang ambruk karena gempa yang berpusat di Malang.(Istimewa/Surya.co.id)

BLITAR, HARIANHALUAN.COM - Sedikitnya 11 orang di Kabupaten Blitar, Jawa Tengah, mengalami luka-luka akibat gempa bumi yang berpusat di selatan Kabupaten Malang pada Sabtu (10/4/2021) siang.

Selain itu, sebanyak 202 bangunan dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga berat akibat gempa magnitudo 6,1 itu.

Baca Juga : Penyekatan Mudik Berakhir Jumat Malam

Ketua Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Achmad Cholik mengatakan, telah menerima laporan adanya korban luka-luka di wilayah Kabupaten Blitar sebanyak 11 orang.

"Sementara yang dilaporkan 11 orang, pendataan masih berlanjut," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Sabtu (10/4/2021).

Baca Juga : Bikin Bising, Belasan Pemotor Knalpot Racing Dibekuk

Mereka berasal dari sembilan kecamatan yaitu Kesamben, Selorejo, Selopuro, Bakung, Wates, Sutojayan, Wonodadi, Kademangan, dan Doko. Cholik mengatakan, mereka mengalami luka-luka kebanyakan akibat tertimpa genteng atau bagian lain dari atap bangunan.

Pembaruan data hingga pukul 19.30 WIB, ujar Cholik, telah tercatat kerusakan bangunan sebanyak 202 bangunan dengan tingkat kerusakan ringan hingga berat.

"Sementara dilaporkan 6 bangunan mengalami kerusakan berat, yaitu tiga di Kecamatan Srengat, dua di Kesamben, dan satu di Selopuro," ujarnya.

Cholik mengatakan, 202 bangunan tersebut tersebar di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar yaitu 22 kecamatan.

Lima kecamatan yang melaporkan kerusakan bangunan paling banyak yaitu, Talun dengan 28 kerusakan, Srengat dengan 27 kerusakan, Bakung dengan 21 kerusakan, Binangun dengan 18 kerusakan dan Panggungrejo dengan 15 kerusakan. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]