Cara Menggoreng Tahu agar Tidak Mudah Hancur, Ikuti Langkah Ini


Sabtu, 10 April 2021 - 21:14:28 WIB
Cara Menggoreng Tahu agar Tidak Mudah Hancur, Ikuti Langkah Ini Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Berencana membuat olahan tahu sutra dengan cara digoreng? Sebaiknya, ketahui cara goreng tahu sutra agar tidak hancur berikut. Menggoreng tahu sutra dengan benar tidak membuat tahu menjadi hancur dan berserakan di minyak.

Ikuti tips menggoreng tahu untuk dimasak kembali dengan bumbu masakan favorit.

Baca Juga : Hati-hati Hipertensi Saat Lebaran, Ini Tips Dokter untuk Pengaturan Pemilihan Makanan

1. Tiriskan tahu

Dilansir dari Kompas.com melalui The Kitchn, Sabtu (10/4/2021), apapun jenis tahunya yang akan kamu gunakan, pasti mengandung banyak air. Buang sebelum dimasak terutama digoreng. Tiriskan dengan menggunakan saringan.

Baca Juga : Anak Beli Cash in Game Rp800 Ribu, Orangtua Ngamuk

Lalu, letakkan balok tahu di atas loyang dan lapisi dengan tisu atau handuk. Taruh talenan di atasnya untuk menekan dan mengeluarkan air dari dalam tahu. Kamu juga bisa mengikuti cara lain seperti tekan-tekan secara perlahan dengan tisu hingga air dari tahunya keluar.

2. Rendam dengan air garam

Tahu memiliki kemampuan seperti spons yang bisa menyerap semua bumbu perendam. Kamu bisa menambahkan air garam untuk menciptakan rasa gurih pada tahu sutra goreng. Rendam tahu sutra dengan air garam selama 30 menit sebelum digoreng.

3. Potong tahu sutra 

Dilansir dari Food, potong tahu sutra dengan ketebalan sekitar 1,5 cm agar tidak mudah hancur saat digoreng. Pastikan juga untuk tidak memotong tahu sutra terlalu kecil dan tipis.

4. Lapisi dengan tepung

Aduk dan lapisi tahu sutra dengan adonan tepung agar tahu sutra tidak mudah hancur saat digoreng. Lapisan tepung pada tahu sutra juga bisa memberikan kerenyahan yang maksimal setelah digoreng. Kamu bisa melapisi tahu dengan tepung maizena. Tepung maizena dinilai baik untuk melapisi tahu sutra dan tidak membuat tahu sutra menempel di wajan.

5. Siapkan minyak goreng panas

Panaskan minyak goreng dalam jumlah banyak. Masukkan potongan tahu dan patikan tahu sutra tenggelam dalam minyak yang sudah dipanaskan. Lalu, atur api kompor kecil.

Minyak panas akan membuat bagian luar tahu sutra lebih cepat garing. Sementara, api kompor kecil akan membuat tahu sutra matang merata. Kalau sudah matang, angkat, dan sajikan.

6. Dinginkan di rak kawat atau wire rack

Dilansir dalam laman The Kitchn lainnya, gunakan wire rack untuk meniriskan tahu sutra goreng. Rak kawat bisa menjaga kerenyahan tahu secara maksimal. Angin-anginkan hingga dingin. Pastikan untuk tidak menaruh tahu sutra goreng di wadah yang tertutup agar tidak cepat lembab. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Kompas.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]