Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Painan, Also: Inilah Pemersatu Bangsa Kita


Sabtu, 10 April 2021 - 22:22:24 WIB
Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di Painan, Also: Inilah Pemersatu Bangsa Kita Anggota MPR RI, Alirman Sori. (Dok.Harianhaluan.com)

PAINAN,HARIANHALUAN.COM-Anggota Dewan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR RI) Alirman Sori mengajak seluruh komponen bangsa untuk tetap teguh menjaga nilai luhur empat pilar kebangsaan yang menjadi sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Empat pilar tersebut adalah Pancasila sebagai dasar negara, UUD 1945 sebagai konstitusi negara, NKRI sebagai bentuk negara dan Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan negara.

Baca Juga : Berpulang ke Rahmatullah di Momen Lebaran Karena Covid-19, Berikut Perjalanan Karir Amri Darwis

Hal itu disampaikan Senator asal Sumatera Barat tersebut dalam sosialiasi empat pilar MPR RI di gedung Painan Convention Center ( PCC) Kabupaten Pesisir Selatan, Sabtu 10/4-2021.

Also panggilan akrabnya menegaskan, nilai luhur yang terkandung dalam empat pilar tersebut menjadi kekuatan yang telah mempersatuhkan anak bangsa sehingga tidak terpecah belah.

Baca Juga : Sumbar Siapkan 50 Persen Jalur Zonasi pada PPDB 2021

“Empat pilar ini harus dijaga, demi menjaga persatuan dan kesatuan. Nilai – nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus tetap terjaga,” ujar Senator Alirman Sori.

Di tegaskan, Pancasila sebagai dasar negara sudah final. Sebab, itu terkandung di dalam pembukaan UUD 1945. Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI) adalah harga mati yang tidak boleh diubah.

Selanjutnya, Bhinneka Tunggal Ika. Artinya berbeda – beda tapi tetap satu. Maknanya, NKRI terdiri dari berbagai belasan ribu pulau. Namun, nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika telah mampu mengikat anak bangsa dalam kerangka NKRI.

Asisten III Pemkab Pessel Hamdi, mewakili Bupati Pessel memberikan mengapresiasi kegiatan sosialisasi empat pilar MPR RI diadakan anggota MPR RI Alirman Sori.

Hamdi menyampaikan, empat pilar MPR RI untuk tugas kita bersama mempertahankan. Sebab ini adalah konsesus bersama telah disepakati,  dan NKRI harga mati. Tidak ada tawar – menawar lagi.

“Kita berharap sosialiasi empat pilar MPR RI bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari – hari,” ajak Asisten III, saat membuka secara resmi acara tersebut.

Sedangkan Aprinal Tanjung salah seorang tokoh Pessel sangat bangga dengan Bung Also, salah satu putra Pessel yang ada di pusat. Untuk itu kedepan harus ada Bung Also – Also yang di Pessel bisa meneruskan perjuangan para seniornya.

Selaku generasi muda penerus bangsa, Aprinal Tanjung berharap bisa memahami apa itu empat pilar MPR RI. Agar, nantinya benar – benar bisa diimlementasikan serta diterapkan dikehidupan sehari – hari ditengah masyarakat .

Sementara itu, Ketua DPD KNPI Pessel Bung Joni Wal Ardin sangat terharu bisa diberikan kesempatan berdiri menyampaikan kata sambutan, di tengah – tengah para senior telah menjabat di DPD KNPI Pessel sebelumnya.

DPD KNPI Pessel siap menjadi wadah pemersatu, silahturahmi pemuda di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Sosialiasi Empat Pilar MPR RI diadakan oleh Kakanda Alirman Sori positif, agar generasi muda lebih memahami tentang hal tersebut,” ungkapnya. (*)

Reporter : Rls | Editor : Dodi
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]