Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur


Ahad, 11 April 2021 - 18:18:29 WIB
Jelang Puasa, Masyarakat Padang Mulai Laksanakan Ziarah Kubur Masyarakat Padang mulai ziarah kubur pertanda datangnya bulan suci Ramadan.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Memasuki bulan suci Ramadan, masyarakat Padang, Provinsi Sumbar mulai banyak melaksanakan tradisi ziarah kubur. Berdasarkan pantauan di lokasi, sejumlah pemakaman umum juga mulai didatangi peziarah. Salah satunya di pemakaman Bukik Barangan, di kawasan Siteba.

Salah seorang peziarah, Gusnimar mengatakan, kegiatan ini dilakukannya bersama keluarga ke makam almarhum adiknya.

Baca Juga : Mulai Besok! Destinasi Wisata di Padang akan Tutup Selama Tiga Hari

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Dia menyebutkan, tradisi ini memang rutin mereka lakukan ketika menjelang bulan puasa. Hal ini juga sebagai pengobat rindu, karena tidak dapat lagi melaksanakan ibadah puasa bersama almarhum.

"Kami melakukan tabur bunga jelang bulan suci ramadan sekaligus mendoakan almarhum adik yang ada di sini," ucap Gusnimar, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga : Alhamdulillah! Tiga Tahanan Rutan Padang Bebas di Hari Lebaran

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Gusnimar menjelaskan, sejauh ini warga yang melaksanakan ziarah khususnya di Bukik Barangan ini memang belum begitu ramai. Menurutnya pandemi Covid-19 membuat warga yang melaksanakan ziarah tidak seramai biasanya.

"Kami juga mendoakan pandemi Covid-19 segera berakhir sehingga tidak membuat gerak masyarakat terbatas," ucapnya.

Sebelumnya, beberapa hari jelang datangnya bulan suci Ramadan, penjual 'bunga rampai' musiman untuk berziarah ke makam mulai meramaikan Pasar Raya Padang, Provinsi Sumbar. Mulainya penjual bunga di pasar tradisional ini karena bulan puasa segera tiba dan tradisi balimau.

Tradisi nyekar ke makam keluarga inj menjadi berkah terhadap pedagang bunga musiman yang mulai bermunculan di sekitar Pasar Raya Padang.

Dari pantauan di lokasi, pada hari-hari biasa, pedagang bunga di pasar ini hanya tiga orang, dua orang di dalam pasar dan satu orang lagi di depan pasar. Tapi, sejak beberapa hari lalu, pedagang bunga mulai menjamur. Bahkan di sepanjang badan jalan menuju pasar tersebut juga ada.

Mereka berjualan bunga berdampingan dengan pedagang baju bekas. Bunga-bunga yang dijajakan oleh para pedagang bunga tersebut adalah bunga tabur yang sering digunakan untuk ziarah ke makam, seperti bunga kantil dan kelopak berbagai jenis bunga mawar. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]