Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang


Ahad, 11 April 2021 - 18:43:59 WIB
Ragam Tradisi Jelang Ramadan, Begini Tanggapan Cadiak Pandai di Padang Tradisi balimau.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Jelang memasuki bulan suci Ramadan, umat muslim sering melakukan berbagai tradisi di Sumbar. Diantaranya, tradisi balimau, berziarah ke tanah kuburan dan membersihkan musala ataupun masjid secara bergotong royong.

Menanggapi hal itu, ada beberapa hal yang mesti diketahui kembali oleh masyarakat untuk menjalani seluruh tradisi tersebut jelang memasuki bulan suci Ramadan, agar tidak menjadi salah kaprah dan berujung perbuatan menyimpang.

Baca Juga : Raih Opini WTP Kedelapan Kalinya, Kota Padang Komitmen Lakukan Perbaikan Pemeriksaan Keuangan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Cadiak Pandai Manti Adat di Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lapan Suku Kota Padang, H. Ridwan Abu, SH menjelaskan tradisi menjelang bulan suci Ramadan. Tradisi merupakan sebuah budaya, sehingga jika menyangkut tradisi akan berkaitan dengan kebudayaan.

"Sebetulnya tradisi ini terkait dengan kebiasaan masyarakat namun harus sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan," kata Ridwan, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Menurut Ridwan, sebetulnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan tidak seharusnya dilakukan mandi-mandi. Karena mensucikan diri cukup dengan aturan agama dan sesuai dengan adat istiadat.

"Harapan kita dari kerapatan adat, saat menjelang puasa masyarakat hendak mensucikan diri sesuai agama, tidak boleh menyimpang dari alquran. Dengan niat saja sudah cukup," kata Ridwan.

Maka dari itu, Ridwan mengajak masyarakat harus menyambut bulan Ramadan sesuai dengan pedoman yang telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]