Covid-19 Belum Reda, Gubernur Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes saat Beribadah Ramadan


Ahad, 11 April 2021 - 19:20:15 WIB
Covid-19 Belum Reda, Gubernur Ingatkan Masyarakat Patuhi Prokes saat Beribadah Ramadan Para jamaah yang sebagian besar muslim asal Indonesia menunaikan ibadah tarawih di gedung yang mereka sewa sejak 6 bulan sebelum Ramadan. IST/HUSNA DEWI

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, seluruh kegiatan dibulan Ramadan tahun ini, seperti kegiatan safari dan pesantren Ramadan tetap diperbolehkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) covid-19.

"Meski covid-19 belum selesai, tapi kita di Sumatera Barat harus menerapkan protokol kesehatan dalam rangka pengendalian covid-19 ini," kata Mahyeldi, Minggu (11/4/2021).

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Oleh karena itu, kata Mahyeldi, ibadah salat tarawih dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Kepada masyarakat yang ada gejala sakit diharapkan tidak beribadah dulu.

"Atau ada yang komorbid kita harapkan membatasi diri untuk tidak ke masjid, tetap berada di rumah dulu," imbau Mahyeldi.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Berbeda dengan tahun sebelumnya, seluruh kegiatan ibadah ditiadakan karena Indonesia khususnya Sumbar dilanda pandemi Covid-19. Tahun ini diperbolehkan dengan syarat mematuhi protokol kesehatan yang ketat agar tidak terjadi klaster baru penularan covid-19.

Sebelumnya, Ketua MUI Sumbar, Buya Gusrizal Gazahar mengimbau umat islam untuk kembali menghidupkan ibadah ramadan termasuk ibadah berjamaah seperti tarawih.

"Hidupkanlah ramadan dengan amalan-amalan yang disyariatkan termasuk ibadah berjamaah seperti salat tarawih berjamaah tetapi tetap harus memperhatikan protokol kesehatan," kata Buya Gusrizal, Kamis (8/4).

Selain itu, Buya juga mengimbau untuk menjaga kebersihan dan menjaga jarak baik ketika di dalam maupun diluar masjid.

"Kecuali dalam keadaan salat, diimbau untuk merapatkan shaf, setelah itu saat mendengar ceramah atau saat ibadah tarawih telah selesai tetap menjaga jarak kembali. Tidak lupa juga memakai masker dan mencuci tangan," tuturnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]