Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik


Ahad, 11 April 2021 - 21:33:52 WIB
Kualitas Udara di Sumbar Masih Kategori Sangat Baik Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar setiap tahunnya rutin mengukur indeks pencemaran udara. Hasilnya, di provinsi ini bernilai 90,39 yang artinya kualitas udara berkategori sangat baik.

"Kami rutin selalu melakukan pengecekan kualitas udara di 19 kabupaten/kota," kata Kabid Pengendalian Pencemaran Kerusakan Lingkungan dan Penataan Hukum Lingkungan DLH Sumbar, Teguh Ariefianto.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Teguh Ariefianto mengungkapkan, dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat Kota Pariaman dan Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi daerah yang tertinggi mendapatkan penilaian kualitas udara yakni diangka 94 lebih.

Sementara itu, Kota Padang menjadi daerah terendah yang mendapatkan penilaian indeks kualitas udara yakni 74,51 persen.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Kendatipun menjadi yang terendah, kualitas udara di Kota Padang masih masuk dalam kategori baik," kata Teguh.

Menurut Teguh, ada empat indikator yang digunakan dalam penilaian indeks pencemaran udara yakni transportasi, industri, pemukiman dan perkantoran. Indikator transportasi menjadi penyumbang besar rendahnya kualitas udara yang didapatkan Kota Padang.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Seksi Penegakan Hukum Lingkungan, DLH Kota Padang Fuad Syukri membenarkan Kota Padang menjadi daerah terendah terhadap indeks kualitas udara di Sumatera Barat. Namun udara di Kota Padang masih dalam kategori baik yang belum banyak pencemaran udara terjadi.

"Iya yang terendah tapi masih kategori baik," kata Fuad.

Fuad Syukri menambahkan, agar kualitas udara di Kota Padang tetap dapat terjaga dengan baik, saat ini DLH Kota Padang sedang merancang peraturan daerah (Perda) tentang pengendalian udara dari emisi kendaraan.

"Diharapkan rancangan perda dapat segera diusulkan sehingga ada payung hukum yang jelas terhadap kendaraan yang dapat beroperasi di Kota Padang yakni hanya bagi yang lulus standar uji emisi," harapnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]