Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian


Ahad, 11 April 2021 - 22:10:03 WIB
Antisipasi Karhutla, Sumbar akan Tambah Alat Gurdian Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Guna mengantisipasi tindakan penebangan liar di Sumbar, Dinas Kehutanan setempat akan memperbanyak alat sensor akustik Guardian di wilayah ini.

Kepala Dinas Kehutanan Sumbar, Yozarwardi Osama Putra mengatakan saat ini, untuk alat sensor guardian telah dipasang sebanyak 27 unit di enam nagari, pada empat kabupaten di wilayah Sumatera Barat. Empat kabupaten itu yaitu Solok, Solok Selatan, Sijunjung dan Pesisir Selatan. Direncanakan, pemasangan alat sensor dimaksud akan ditambah, namun dilakukan secara bertahap.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Yozarwardi menilai dengan dipasangkannya alat sensor akustik Guardian itu, sangat efektif untuk mengurangi tindakan pembalakan liar di wilayah ini. Sebab, sensor akustik Guardian tersebut akan menangkap frekuensi suara di area tertentu. Frekuensi suara mesin sinso akan terdeteksi dan langsung mengirimkan notifikasi kepada ponsel petugas.

“Jadi frekuensi suara itu menangkap suara sinso. Setelah itu, akan masuk notofokasi ke androit kita. Barulah kita dapat mendata dan bergerak cepat ke lokasi,” jelas Yozarwardi.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Yozarwardi menambahkan, saat ini jumlah polisi hutan Dinas Kehutanan berjumlah 101 orang. Diharapkan, dengan kehadiran alat sensor akustik tersebut dapat mempermudah kinerga petugas di lapangan dan kasus pembalakan liar pun dapat berkurang di Sumatera Barat.

Sebelumnya, Keseluruhan alat itu telah dipasang di hutan sosial. Dimana, Guardian akan menangkap frekuensi suara di area tertentu. Frekuensi suara yang disasar adalah suara chain shaw atau mesin pemotong pohon. Jika frekuensi suara chain shaw berhasil dideteksi, maka Guardian akan mengirimkan notifikasi kepada ponsel petugas.

“Berdasarkan notifikasi tersebut, petugas akan langsung bergerak ke lokasi,” ujarnya.

Yozarwardi menyebut, di beberapa tempat di mana Guardian dipasang, pembalakan liar tidak terjadi lagi. Namun, di beberapa tempat lainnya, ada pelaku pembalakan liar yang berhasil ditangkap berkat alat tersebut. Dirinya berharap dengan telah dipasangnya beberapa alat sensor akustik tersebut, pembalakan pun dapat berkurang.

"Alat ini telah dipasang sejak tahun lalu, dan kita upayakan alat ini akan ditambah," tutupnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]