Pembangunan Sea Wall di Padang Telan Anggaran Rp19,1 Miliar


Ahad, 11 April 2021 - 23:21:40 WIB
Pembangunan Sea Wall di Padang Telan Anggaran Rp19,1 Miliar Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pembangunan sea wall atau tanggul laut di Padang yang dibantu oleh Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menelan anggaran sebesar Rp19,1 miliar. Yakni, Pantau Padang, sea wlal juga dibangun di Pasir Nan Tigo, Tugu Merpati, dan Masjid Al-Hakim.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah meminta kepada BNPB untuk penanggulangan bencana di kota Padang, khususnya disepanjang pantai tersebut. Namun baru disetujui BNPB di tiga titik.

Baca Juga : Raih Opini WTP Kedelapan Kalinya, Kota Padang Komitmen Lakukan Perbaikan Pemeriksaan Keuangan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Mahyeldi menyebutkan pembangunan sea wal yang dibantu oleh BNPB menghabiskan anggaran sebesar Rp19,1 miliar.

"Pembangunan tiga sea wal ini menghabiskan dana Rp19,1 miliar. Pembsngunan se wal ini di Masjid Al-Hakim, Tugu Merpati, dan Pasar Nan Tigo," ujarnya.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Dengan adanya sea wall, Mahyeldi berharap bisa mencegah abrasi atau ancaman bencana lainnya. Khususnya di daerah pantai.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sebelumnya, Rendi Wibisono yang merupakan salah satu Kontraktor menyebut, pengerjaan batu grib di Kawasan Pantai Padang telah mencapai  87 persen. Pengerjaan pengaman pantai tersebut terdiri dari jenis seawall dan detroit.

Rendi menyebutkan, panjang pengerjaan mencapai ratusan meter mulai dari depan Lembaga Pemasyarakatan Muaro hingga depan Pujasera.

“Alhamdulillah selama pengerjaan dilakukan, belum ada kendala yang di temui. Kita menargetkan ini tuntas sampai tanggal 21 Maret ini,” kata Rendi Wibisono, Kamis (18/3/2021)

Selain itu, Rendi Wibisono menyebutkan bahwa saat ini, upaya percepatan sedang dilakukan, agar target pengerjaan sesuai dengan yang direncanakan. Pembangunan tersebut juga sebagai langkah penanganan abrasi pantai yang terjadi disejumlah titik di Pantai Padang. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]