Ini Keutamaan Membagikan Takjil dan Makanan Buka Puasa Ramadhan


Senin, 12 April 2021 - 07:26:34 WIB
Ini Keutamaan Membagikan Takjil dan Makanan Buka Puasa Ramadhan Suasana jelang berbuka puasa Ramadhan di halaman Masjidil Haram, Makkah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Tradisi baik yang sudah ada  sejak syariat Islam diturunkan adalah membagi makanan untuk berbuka puasa di masjid dan mushola. Dan tradisi baik tersebut sudah menjadi kebiasaan umat Islam di seluruh dunia.

"Tradisi sedekah sudah ada sejak syariat Islam itu di turunkan sebagai rules kehidupan  manusia Islam,"kata pemilik KBIHU Ulul Albaab Madani Tangerang - Banten KH H Yana Hadiansyah saat ditanya tentang kapan dimulai tradisi membagi takjil di Masjidil Haram Makkah dan Madinah, dikutip dari Republika.

Baca Juga : Tahun 2021, Kuota KIP Kuliah Perguruan Tinggi Agama Tanggungjawab Kemenag

Apalagi kata KH Yana para sahabat Nabi yang pertama masuk Islam termotivasi dengan hadits-hadits Nabi tentang keutamaan Ramadhan. Nabi Bersabda bulan Ramadhan bulan milik umatku.

"Barang siapa melaksanakan ibadah sunnah di bulan Ramadhan, maka akan mendapatkan kebaikan pahala setara dengan melaksanakan Ibadah wajib di luar bulan Ramadhan. Barangsiapa yang melaksanakan Ibadah wajib di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan dengan lipatan yang Allah kehendaki."

Baca Juga : Peringati Dies Natalis ke- 1, Upertis Gelar Kegiatan Kesenian hingga E-sport

Selain itu KH Yana juga mengutip hadits lain tentang keutamaan Ramadhan. Nabi Muhammad bersabda. "Barang siapa memberikan Kepada seseorang yang sedang saum di bulan Ramadhan walau sebutir kurma lantas  yang saum itu berbuka di waktu berbuka denga kurma sedekah  itu, maka yang sedekahnya akan mendapatkan pahala setara dengan pahala yang saumnya dengan tidak akan mengurangi pahala yang bersangkutan plus pahala sedekah," katanya.(*) 

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : Republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]