Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan


Senin, 12 April 2021 - 13:45:30 WIB
Bulan Ramadan, Rutan Klas II B Padang Gelar Pesantren untuk Warga Binaan Kegiatan keagamaan yang digelar oleh Rutan Klas II B Anak Aia Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Besok (13/4/2021), semua muslim akan menggelar puasa perdana di tengah pandemi sesuai dengan keputusan pemerintah. Sebagaimana diketahui, selama Ramadan, setiap umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan Rutan Klas II B Anak Aia Padang yang berencana akan menggelar kegiatan pesantren Ramadan untuk para warga binaan. 

Rumah Tahanan (Rutan) Klas II B Anak Air Padang akan menggencarkan kegiatan keagamaan bagi tahanan selama Ramadan 2021. Salah satunya adalah tahfidz quran hingga pesantren Ramadan. "Untuk kegiatan ramadan, kita sudah bicara dengan pengurus masjid dan seksi tahanan. Memang intensitas kegiatan selama Ramadan di masjid akan ditingkatkan," ujar Kepala Rutan Klas II B Anak Air Padang, Muhamad Mehdi, Senin (12/4/2021). 

Baca Juga : Raih Opini WTP Kedelapan Kalinya, Kota Padang Komitmen Lakukan Perbaikan Pemeriksaan Keuangan

Mehdi berharap dengan kegiatan selama Ramadan ini, para tahanan dapat memanfaatkan sebaiknya. Seperti menamatkan bacaan Alquran dan kegiatan positif lainnya. "Kalau hari biasa sebelumnya 15 orang, nanti selama Ramadan akan ditingkatkan. Semuanya bergilir," jelasnya. 

Rutan Klas II B Anak Air setidaknya memiliki 749 orang tahanan. Selama Ramadan, Mahdi mengungkapkan pihaknya akan juga mengadakan lomba antar blok tahanan. "Kami akan adakan lomba ceramah antar blok. Untuk tarawih tetap dibuka, tapi bergantian. Misalkan tiga kamar sehari, bergilir," ujarnya.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Diakuinya, banyak tahanan membuat pihaknya tidak bisa mengeluarkan seluruh tahanan untuk melaksanakan tarawih. Bagi tahanan juga bisa melangsungkan tariwih di dalam kamar. "Kami tidak bisa keluarkan semuanya. Makannta kami akan tambah personel empat sampai lima orang petugas, kita ambil staf. Misal di hari biasa ada 8 petugas, di bulan Ramadan kita tingkatkan menjadi 13 hingga 15 petugas," tuturnya. 

Selama Ramadan, bagi keluarga tahanan yang ingin mengantar makanan memiliki waktu tertentu. Pengiriman makanan baru bisa dilakukan dimulai pukul 14.00-17.00 WIB.  Untuk pelayanan tatap muka masih belum bisa dilakukan. "Hidangan makanan dari keluarga tetap kami fasilitasi bagi tahanan. Jam 14.00-17.00 WIB. Semua pemeriksaan tetap ketat kami lakukan," ucapnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]