Mas Nadiem Punya Program Baru Nih untuk Mahasiswa, Simak Kuy!


Senin, 12 April 2021 - 17:41:40 WIB
Mas Nadiem Punya Program Baru Nih untuk Mahasiswa, Simak Kuy! Nadiem Makarim

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makariem meluncurkan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka hari ini (12/4/2021). Peluncuran dilakukan melalui konferensi pers virtual Peluncuran Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Tahun 2021.

Dilansir detik, program ini merupakan salah satu kegiatan dari kebijakan Kampus Merdeka dengan hak belajar 3 semester.

Baca Juga : Kuliah di Bidang Perhotelan? Ini Ragam Prospek dan Jenis Pekerjaan yang Dapat Kamu Pilih

Kebijakan Hak Belajar 3 Semester ini membolehkan mahasiswa untuk dapat mengambil SKS sebanyak 1 semester di jurusan berbeda dalam kampus yang sama dan 2 semester lainnya di kampus lain. Salah satunya melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini.

Ditjen Perguruan Tinggi Kemdikbud Nizam menyebutkan ada 5 hal penting yang berkaitan dengan program ini di antaranya, pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan antar pulau, wajib konversi SKS sebanyak 20 SKS, memungkinkan pertukaran mahasiswa dari PTN ke PTS dan sebaliknya, dapat diikuti oleh mahasiswa dari semester 3 hingga 8, dan eksplorasi keragaman melalui modul nusantara.

Baca Juga : Galau Pilih Jurusan? Ini Perbedaan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa Industri

"Jadi mahasiswa di Jawa, satu semester di Nusa Tenggara. Mahasiswa di Papua, satu semester di Sumatera. Mahasiswa di Kalimantan, satu semester di Sulawesi dengan begitu akan mengetahui ragam budaya, punya saudara-saudara baru, dan perkawanan nusantara," ujar Nizam.

Melalui program ini, mahasiswa diharapkan untuk saling mengenal keragaman budaya masing-masing sambil meningkatkan kompetensi akademik.

"Kami mengimbau Ibu dan Bapak pimpinan perguruan tinggi dan dosen untuk mendorong mahasiswanya yang berada di semester 3 sampai semester akhir, mendaftar sebagai peserta program pertukaran mahasiswa merdeka untuk mengikuti sejumlah aktivitas berbagi dan saling mengenal antara satu daerah dengan daerah lain guna belajar keragaman kebudayaan Indonesia sembari meningkatkan kompetensi akademik," imbau Nadiem secara virtual melalui konferensi pers hari ini.

Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini dimungkinkan akan dilaksanakan secara full online (daring) mulai semester depan.

Jadwal Pertukaran Mahasiswa Merdeka

1. Pendaftaran perguruan tinggi dan dosen: 19-28 April 2021

2. Seleksi dosen Modul Nusantara: Mei 2021

3. Bimbingan teknis dosen: Mei-Juni 2021

4. Pendaftaran mahasiswa: Juli 2021

5. Seleksi dan penempatan peserta: Juli-Agustus 2021

6. Pelaksanaan Pertukaran Mahasiswa Merdeka: Agustus 2021-Januari 2022

7. Transfer SKS di perguruan tinggi: Desember 2021-Januari 2022

8. Pelaksanaan kegiatan tindak lanjut (opsional): Februari-Maret 2022  (*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]