Dua Prodi ITP Lolos Hibah Program CoE MBKM


Senin, 12 April 2021 - 21:07:32 WIB
Dua Prodi ITP Lolos Hibah Program CoE MBKM Wakil Rektor II ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng didampingi  Kepala Biro Humas dan Kerja Sama, Anna Syahrani

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pengajuan proposal program bantuan Program Studi Menjadi Model Center of Excellent (CoE) Merdeka Belajar Kampus Merdeka yang dikirimkan Institut Teknologi Padang (ITP) berhasil lolos dan didanai oleh Data Pendidikan Tinggi (Dikti).

Ada 2 (dua) Program Studi (Prodi) di ITP yang lolos, yakni Prodi Teknik Mesin Sarjana dan Teknik Informatika.

Baca Juga : Perguruan Thawalib Padang Panjang Buka Lowongan Guru untuk 12 Mata Pelajaran

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Ini tertuang dalam surat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor. 1418/E2/DM.00.01/2021.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) tersebut merupakan program yang di gagas Kemendikbud RI.

Baca Juga : Tiga Tokoh Jadi Pembicara Launching Buku Sejarah Perguruan Thawalib

Wakil Rektor II ITP, Yusreni Warmi, Dr. Eng didampingi  Kepala Biro Humas dan Kerja Sama, Anna Syahrani menjelaskan, dua Program Studi di ITP yakni, Prodi Teknik Mesin Sarjana dan Teknik Informatika dinyatakan lolos Model Center of Excellence (CoE) MBKM 2021.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Hibah ini tujuannya untuk penguatan dari prodi tersebut sebagai model center dari pelaksanaan MBKM. Jadi prodi yang lolos itu Teknik Informatika Sarjana dan Teknik Mesin," kata Anna, Senin (12/4/2021).

Anna menambahkan, untuk prodi yang lolos ini bisa memberikan implementasi kepada prodi yang ada di ITP ataupun prodi yang ada di perguruan tinggi lain.

Lebih lanjut, kata Anna, pengumuman lolos Prodi Teknik Mesin Sarjana dan Teknik Informatika setelah keluarnya surat keputusan yang di tanda tangani oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti Aris Junaidi 5 April lalu.

"Bimtek hari Kamis kemarin tanggal 8 April secara daring. Setelah itu tinggal prodi yang bekerja dari April sampai Desember yang didanai Rp80 juta," ujar Anna.

Anna pun menyebutkan, bentuk kegiatan MBKM berbeda setiap prodi. Kalau prodi Teknik Informatika ada kegiatan yang didanai hibah. Pertama, asistensi mengajar disatuan pendidikan. Nantinya akan mengajar di sekolah, saat ini sudah ada satu sekolah yang bersedia yaitu SMK 1 Lubuk Sikaping.

"Kedua magang di industri, yakni industri yang bermitra dengan ITP. Kegiatan asistensi mengajar dan magang di industri ini masing-masing dilaksanakan selama enam bulan," papar Anna.

Anna menambahkan, kegiatan ketiga adalah pertukaran pelajaran. Saat ini ada tiga orang mahasiswa ITP yang melakukan pertukaran pelajaran di UGM.

"Ada lima perguruan tinggi yang bisa dilakukan pertukaran pelajaran ada UGM, UTENAS, Undiknas Bali, UNJANI dan UPI Bandung," sambung Anna.

Begitu juga pada Teknik Mesin, kata Anna, namun di prodi ini ada kegiatan riset kolaborasi penelitian dengan LIPI. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]