Kepala Basarnas Luncurkan Enam Unit KN SAR


Senin, 12 April 2021 - 22:16:38 WIB
Kepala Basarnas Luncurkan Enam Unit KN SAR Foto bersama pada peluncuran 6 KN SAR (Haluankepri.com)

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Sebanyak 6 unit kapal negara (KN) SAR Kelas 2 resmi diluncurkan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi di kawasan galangan kapal Kecamatan Sagulung dan di kawasan Tanjung Uncang, Batuaji, kota Batam, Senin (12/4/2021) siang.

Keenam kapal tersebut, dua diantaranya yakni KN Sanjaya dan Tetuka di galangan kapal PT Palindo Marine kecamatan Sagulung. Sementara kapal lainnya di kawasan galangan kapal Tanjung Uncang, Batuaji.

Baca Juga : Anies dan Zulkieflimansyah Pimpin Peta Elektabilitas Pilpres 2024

Peluncuran tersebut secara simbolis KN SAR Seta dan KN SAR Sanjaya, dimana bersamaan dengan kedua kapal tersebut diluncurkan juga 4 kapal lainnya yaitu KN SAR Tetuka, KN SAR Permadi, KN SAR Puntadewa, dan KN SAR Parikesit.

Kapal yang diluncurkan di galangan PT. Palindo Marine yaitu KN. SAR Sanjaya yang akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Medan.

Baca Juga : Babinminvetcaddam I/BB Peduli Serahkan Tali Asih kepada Veteran

Kemudian, satu unit di galangan di kawasan Tanjung Uncang yang rencanaya akan memperkuat armada laut Kantor Pencarian dan Pertolongan Tarakan.

Selanjutnya, kapal lainnya akan ditempatkan di wilayah Flores, Banten dan wilayah lainnya.

Diketahui, Alut SAR baru ini merupakan kapal kelas 2 tipe kapal cepat berteknologi cangih dengan spesifikasi panjang 40 meter lebar 7,80 meter, tinggi geladak utama 3,60 meter serta memiliki kecepatan maksimal 30 knot.

Bahkan, kapal berbahan alumunium ini memiliki 3 mesin 1400hp dengan endurance 60 jam dan daya jelajah 1200 Nm dengan kecepatan 20 knot.

Kemudian, keenam kapal ini memiliki kemampuan Auto Pilot serta dilengkapi dengan Echo Sounder, ECDIS, Sea Rider berkapasitas 6 orang, alat komunkasi.

Dalam sambutannya, Kabasarnas mengharapkan agar kapal kapal ini mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan di seluruh perairan Indonesia.

“Mudah-mudahan dengan peluncuran KN. SAR Seta dan KN. SAR Sanjaya ini, mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi pelayanan pencarian dan pertolongan sebagaimana peruntukannya,” terang Henri  dikutip dari Haluankepri.com.

Ia juga menyampaikan, bangga dengan produk dalam negeri untuk melakukan pertolongan di perairan Indonesia dan tak kalah dengan produk luar negeri.

“Kita membutuhkan kapal yang tangguh, karena banyak kejadian akibat perubahan iklim. Jadi, kapal ini harus mampu tantangan besar. Kita ingin sarana dan prasarana tersedia dengan sempurna dan baik. Apalagi produk lokal ini tak kalah dengan produk luar negeri,” ucapnya.

“Oleh karena itu, kemampuan kapal ini sudah sesuai spek dan teknis dengan kecepatan 30 knot dengan jangkauan memenuhi kriteria dari SAR Nasional,” terangnya lagi.

Sementara, Charles Wirawan, Direktur PT Palindo Marine mengucapkan terima kasih kepada pemerintah dalam hal ini pihak Basarnas karena sudah memilih produk lokal untuk membangun kapal negara. Apalagi yang membangun kapal ini karya anak bangsa Indonesia.

Dalam peluncuran kapal tersebut, turut hadir Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan Marsda TNI Suparmono, Direktur Sarana Prasarana Marsma TNI Agus Sudarmanto, S.E., M.Sc., Direktur Bina Tenaga Marsma TNI Arif Widianto, S.A.B., M. Tr. (Han), Kepala Biro Perencanaan Moh. Barokna Haulah, S.S, Inspektur Brigjen TNI Chanlan Adilane, S.I.P., M.A.P., Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Tanjung Pinang dan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]