Tingkatkan Pelayanan Medis, Pessel Upayakan Akreditasi Puskesmas


Selasa, 13 April 2021 - 09:14:36 WIB
Tingkatkan Pelayanan Medis, Pessel Upayakan Akreditasi Puskesmas Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan secara bertahap akan terus meningkatkan standar pelayanan di tingkat Puskesmas. Upaya itu selain bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan medis, juga bertujuan supaya tidak semua pasien harus dirujuk ke Rumah Sakit Umum (RSU) yang ada di Painan.

Hal itu disampaikan Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar terkait upaya daerah itu dalam memberikan kemudahan dan kualitas pelayanan medis kepada masyarakat. Melalui peningkatan standar dan kualitas pelayanan di tingkat Puskesmas itu, maka pasien dengan penyakit tertentu bisa mendapatkan pelayanan rawat inap di Puskesmas.

Baca Juga : Enam Polda Jadi Prioritas Penanganan Karhutla

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

"Atau tidak perlu dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr M Zein Painan bila memang tidak membutuhkan rawatan lanjutan," katanya dikutip Selasa (13/4/2021).

Baca Juga : Wujudkan Danau Toba sebagai Destinasi Kelas Dunia, Pangdam I/BB Tertibkan KJA di Baktiraja

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dia juga menjelaskan bahwa upaya itu dilakukan seiring komitmen pemerintah daerah (Pemda) setempat dalam meningkatkan serta memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Di samping itu juga akan terus melakukan akreditasi terhadap semua Puskesmas yang ada. Katanya, pemda menargetkan semua Puskesmas di daerah ini memenuhi standar pelayanan yang maksimal, serta juga terakreditasi.

"Tujuannya agar mutu dan kualitas pelayanan kesehatan benar-benar tercapai dan didapatkan oleh semua masyarakat," ujarnya.
 
Selain itu, Puskesmas juga harus terus berupaya meningkatkan kesehatan perseorangan. Serta meminimalkan risiko dengan peningkatan pencegahan dan penyembuhan penyakit. Hal yang sama juga diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa.

Katanya, daerah itu juga menargetkan akan mengakreditasi 20 Puskesmas yang ada. Upaya itu dilakukan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Puskesmas juga diharapkannya dapat mengidentifikasi masalah kesehatan yang terjadi di masyarakat wilayah kerjanya.

"Melalui upaya itu, sehingga kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas semakin meningkat pula. Karena Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau Puskesmas merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Makanya standar pelayanannya akan terus kita ditingkatkan pada semua puskesmas pada semua kecamatan," tegasnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]