Jalan Inhu-Kuansing Rusak Parah, Gubernur dan Anggota Dewan Diminta Peduli


Selasa, 13 April 2021 - 20:38:24 WIB
Jalan Inhu-Kuansing Rusak Parah, Gubernur dan Anggota Dewan Diminta Peduli Jalan yang semakin rusak parah. (Ist-Haluanrau.co)

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM- Kondisi jalan Indragiri Hulu– uantan Singingi  (Inhu-Kuansing)   sudah bertahun mengalami rusak parah.Gubernur Riau H Syamsuar, Ketua DPRD Riau Yulisman diminta memperhatikannya.

Perhatian juga diminta kepada tujuh anggota DPRD Riau lainnya yang berasal dari daerah pemiilihan Inhu – Kuansing, yakni Sukarmis, Manahara Napitupulu, Sugeng Pranoto, Marwan Yohanis, Sardiyono, Ade Agus Hartanto dan Mardianto Manan yang juga dikenal sebagai salah satu pengaat jalan.

Baca Juga : Basarnas Padang Perkuat Tim Evakuasi, Pencarian Korban di Tambang Emas Abai Solsel Dilanjutkan Hari Ini

Jalan ini termasuk jalan poros yang dikenal dari dinas pekerjaan umum adalah Jalan Lintas Sumatera. Jalan ini juga merupakan pilihan warga Indragiri Hulu ataupun Kuantan Singingi menuju Sumatera Barat dengan lebel Jalan Provinsi.

Pantauan haluanriau.co, kerusakan terparah dimulai dari Sungai Lala, Kelayang, Cerenti sebagian, Inuman hingga sampai ke Baserah termasuk Sentajo.

Baca Juga : Semasa Hidup Ustaz Tengku Zulkarnain Tidak Memiliki Penyakit Serius

Parahnya lagi kerusakan jalan yang jika hujan menimbulkan kubangan dan panas menimbulkan debu, tentunya akan sangat mengganggu kepada masyarakat yang bermukim di sepanjang jalan itu.

Belum lagi kondisi ini akan sangat rawan terjadinya kecelakaan kecelakaan lalulintas yang bahkan menghilangkan nyawa pengendara.

Kerusakan parah terutama di dua kecamatan yakni Peranap dan Kelayang. Dugaan sementara akibat dari muatan kendaraan melebihi tonase yang tidak sesuai dengan aturan dari Kementrian Perhubungan RI.

“Semua muatan truk akan di timbang, pemilik perusahaan harus aktip berkontribusi,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Indragiri Hulu, Hendrizal saat memimpin rapat.

“Puluhan perusahaan yang beroperasi di dua kecamatan itu, harus peduli lingkungan,” pintanya.

Dalam rapat yang dilaksanakan Senin (12/4) di lanta 4 Kantor Bupati Indragiri Hulu, sejumlah perusahaan diundang yakni PT Rigunas Agri Utama, PT Indriplane, PT BBSI, PT Citra dan PT Samanta, PT Bukit Asam, PT Mitra Agung Sejahter, serta PT PIR, PT SRK.

Selain itu, rapat juga dihadiri oleh pihak Provinsi Riau yaitu Bappeda, Dinas Perhubungan, Dinas PUPR.

Pada kesempatan itu, Ketua Forum Perusahaan, Asri mengatakan, selama ini perhatian perusahaan terhadap jalan sudah ada, namun diakui belum optimal.

“Karena, saat di perbaiki beberapa titik, ternyata di badan jalan lainnya juga rusak,” ujarnya.

Kerusakan badan dan bahu jalan, jika dihadapi bersama maka kedepan jalan lintas akan semakin baik. Namun demikian penting berkeadilan perlu misalnya, perusahan kayu, batu bara, sawit.

Parahnya kerusakan ini juga diakui oeh mantan wakil Ketua DPRD Riau Asri Auzar yang sempat melalui jalan tersebut dari Teluk Kuantan menuju Air Molek saat melakukan roadshow partai Demokrat yang dipimpinnya.

Begitu juga dengan anggota DPRD Riau yang juga ketua Komisi V, Eddy M Yatim yang ikut dalam rombongan Asri Auzar.

“Ini akan menjadi masukan bagi saya di dewan nantinya. Kerusakan ini memang memprihatinkan, ucap Sekum Demokrat Riau ini. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]