Masih Pandemi Covid-19, Pemkab kembali Tiadakan Safari Ramadhan


Selasa, 13 April 2021 - 21:35:07 WIB
Masih Pandemi Covid-19, Pemkab kembali Tiadakan Safari Ramadhan Ilustrasi. Net

BATAM,HARIANHALUAN.COM-Safari Ramadhan merupakan kunjungan kerja jajaran pemerintah daerah ke masjid-masjid. Namun, sejak mewabahnya pandemi covid-19 semuanya berubah. Kegiatan Safari Ramadhan tidak dilakukan lagi.

Tahun 2021 ini, merupakan tahun kedua bagi Pemkab Karimun untuk tidak melaksanakan Safari Ramadhan.

Baca Juga : Tim Sapa Ramadan Akhiri Perjalanan ke-19 Kabupaten/Kota, Bagi-bagi THR pada Anak Yatim

Biasanya, Safari Ramadhan dibagi menjadi dua tim. Tim pertama dipimpin Bupati Karimun dan tim kedua dikepalai oleh Wakil Bupati Karimun. Tim Safari Ramadhan terdiri dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tokoh agama dan tokoh masyarakat serta insan pers.

Setiap tahun, Tim Safari Ramadhan rutin berkunjung dari satu masjid ke masjid lainnya selama bulan suci Ramadhan. Biasanya, tim bergerak dari kediaman dinas Bupati Karimun hingga ke masjid yang dituju pada saat menjelang waktu berbuka puasa.

Baca Juga : Hujan di Penghujung Ramadhan

Buka puasa kerap dilaksanakan di masjid yang telah dijadwalkan, kadang juga dilaksanakan di rumah kepada desa atau camat ataupun tokoh masyarakat setempat. Kemudian, shalat maghrib, isya dantarawih dilaksanakan di masjid yang ditunjuk. Tim akan kembali setelah selesai shalat tarawih.

Namun, sejak mewabahnya pandemi covid-19 semuanya berubah. Kegiatan Safari Ramadhan tidak dilakukan lagi. Tahun 2021 ini, merupakan tahun kedua bagi Pemkab Karimun untuk tidak melaksanakan Safari Ramadhan.

Pada tahun lalu, Pemkab Karimun juga tidak melaksanakan Safari Ramadhan. Bahkan, pelaksanaan shalat tarawih juga tidak dibenarkan dilakukan di masjid. Masyarakat dianjurkan melakukan shalat tarawih di rumah masing-masing.

Bedanya, tahun ini Pemkab Karimun membolehkan pelaksanaan shalat tarawih di masjid, namun tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Ramadhan kali ini kita tidak lagi melaksanakan Safari Ramadhan,” ujar Plh Bupati Karimun, H Muhammad Firmansyah saat dijumpai di Masjid Baiturahman Teluk Air, belum lama ini.

Hanya saja, kata Firman, setelah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Karimun definitif, maka kemungkinan Bupati dan Wakil Bupati definitif akan melakukan kunjungan ke masjid-masjid yang ada di Karimun. Namun, kegiatannya tidak dalam bentuk Safari Ramadhan.

“Nanti Bupati Karimun definitif tetap akan melakukan kunjungan ke masjid-masjid, tapi itu hanya kunjungan biasa saja tanpa membawa rombongan dan kegiatannya tidak dalam bentuk Safari Ramadhan, namun hanya kunjungan biasa saja sebagai kepala daerah,” jelas Firman.

Firman menyebut, kemungkinan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Karimun definitif akan dilakukan pada pertengan puasa Ramadhan atau sekitar tanggal 26 April 2021. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]