5 Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Apa Saja?


Rabu, 14 April 2021 - 22:43:29 WIB
5 Makanan yang Harus Dihindari saat Sahur, Apa Saja? Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Agar ibadah puasa di bulan Ramadan tetap nyaman, ada beberapa makanan yang harus dihindari saat makan sahur. Seperti kopi hingga makanan tinggi garam. Agar puasa terasa nyaman sehari penuh, biasanya umat Islam melakukan sahur pada dini hari.

Saat sahur biasanya mereka menyantap makanan yang mengenyangkan. Kalau di Indonesia, umumnya mengonsumsi nasi, lauk, dan sayur. Pemilihan menu sahur harus lebih teliti.

Baca Juga : Sederet Makanan Berikut Cocok Disantap saat Sahur Berikan Rasa Kenyang Lebih Lama

Mengingat menu sahur merupakan menu sarapan tetapi sekaligus pemasok energi sepanjang hari berpuasa. Agar tubuh tetap segar selama berpuasa.

Dilansir dari detik.com melalui Rahet Bally, Rabu (14/4/2021), ada beberapa makanan yang harus dihindari saat makan sahur. Apa saja?

Baca Juga : Diet saat Berpuasa, Tak Masalah! Begini Aturannya

1. Kopi

Bagi pecinta kopi, mereka tak bisa lepas dari nikmatnya minuman bercita rasa pahit ini. Setidaknya, mereka harus mengonsumsi kopi satu cangkir per hari. Namun, saat puasa sebaiknya mereka mengurangi untuk mengonsumsi kopi.

Jika terbiasa mengonsumsi kopi saat sarapan, sebaiknya jangan lakukan saat sahur tiba. Karena kopi mengandung kafein yang buruk bagi kesehatan tubuh selama puasa. Kandungan kafein pada kopi sering memberikan efek seperti sakit perut hingga gelisah.

Kafein pada kopi juga bisa membuat orang cenderung lebih sering buang air, hal ini dapat menyebabkan dehidrasi selama berpuasa.

2. Makanan Tinggi Garam

Memang tidak enak menyantap makanan tanpa garam, karena rasa asin salah satu yang bisa membuat makanan terasa lezat. Namun, jangan terlalu banyak juga menggunakan garam pada makanan, karena dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Salah satu efek buruk makanan tinggi garam adalah mudah sekali membuat orang yang menyantapnya menjadi haus. Agar tidak merasa haus selama berpuasa, sebaiknya mengurangi konsumsi makanan tinggi garam.

3. Makanan Tinggi Gula

Telah banyak yang mengetahui kalau makanan tinggi gula sangat membahayakan untuk kesehatan tubuh. Selain bisa melonjakkan kadar gula darah, makanan tinggi gula juga bisa menyebabkan obesitas.

Tak hanya itu saja, ternyata makanan tinggi gula juga sebaiknya tidak dikonsumsi saat sahur. Karena, makanan tinggi gula bisa membuat tubuh cepat lelah dan hanya memberikan energi selama 3-4 jam saja. Makanan tinggi gula juga bisa memicu rasa lapar ketika sedang berpuasa.

4. Jengkol

Walaupun beraroma tidak sedap, namun jengkol adalah salah satu makanan favorit banyak orang Indonesia. Banyak orang yang menyukai olahan jengkol semur, balado, hingga rendang. Olahan jengkol itu paling nikmat kalau disantap bersama nasi putih hangat.

Banyak orang juga menyebutkan kalau olahan jengkol bisa menambah nafsu makan mereka. Namun, sebaiknya jangan mengonsumsi jengkol saat sahur. Karena, jengkol menimbulkan aroma tak sedap di mulut, sehingga dapat mengganggu aktivitas selama berpuasa.

5. Petai

Sama seperti jengkol, petai juga memiliki aroma yang tak sedap. Walaupun begitu banyak orang Indonesia yang sangat menyukainya. Biasanya petai ini dijadikan lalapan dengan sambal.

Ada juga yang menjadikan petai sebagai pelengkap pada olahan udang balado, sambal goreng ati, dan lainnya. Sebaiknya petai juga jangan dikonsumsi saat sahur. Karena, bisa membuat mulut beraroma yang tak sedap saat berpuasa. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Detik.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]