BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia


Kamis, 15 April 2021 - 08:15:26 WIB
BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia BPJS Kesehatan Bermanfaat Bagi Pengobatan Lansia

LIMAPULUH KOTA, HARIANHALUAN.COM - Sejak adanya program jaminan kesehatan untuk masyarakat umum dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan , sejak itu itu program tersebut dirasakan banyak manfaat terhadap masyarakat.

Tak hanya bagi ibu yang melahirkan saja atau saat persalinan, tetapi bagi masyarakat usia lanjut atau lansia, BPJS Kesehatan tersebut benar-benar dirasakan manfaat yang positif. Sepeeti yang dirasakan oleh M Nur Datuak Rajo Mangkuto, warga Kecamatan Lareh Sago Halaban, Kabupaten Limapuluh Kota.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

“Bagi saya, BPJS Kesehatan memang bermanfaat banyak, tidak ada rugi ikut bergabung jadi peserta BPJS Kesehatan tersebut,”ucap M Nur Datuak Rajo Mangkuto beberapa hari lalu.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Dikatakannya, diusianya yang ke 72 tahun, umur masa-masa tersebut sangat rentan terhadap penyakit. Karena itu, sangat penting adanya jaminan kesehatan sehingga dengan adanya BPJS Kesehatan bisa berobat tanpa harus memikirkan keuangan.

“Secara biaya, kita tidak terbebani setiap berobat. Kemudian, pasien yang ditanggung oleh BPJS Kesehatan tetap dilayani oleh petugas secara prima. Ini yang saya alami,”ucapnya lagi.

Diusia senja tersebut, M Nur Datuak Rajo Mangkuto juga sering masuk dan keluar Puskesmas Pakan Rabaa, terkadang sampai di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Adnan Wd Payakumbuh karena mengalami sakit darah tinggi.

“Setiap berobat, gratis. Saya juga sering dilarikan ke rumah sakit. Alhamdulillah, proses pengobatan lancar,”katanya lgi.

Diceritakannya, sebelum ikut program BPJS Kesehatan, setiap berobat biaya ditanggung secara mandiri. Satu kali berobat terutama untuk mendapatkan obat, M Nur Datuak Rajo Mangkuto bisa mengeluarkan biaya dari ratusan ribu hingga jutaan Rupiah.

Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tidak hanya M Nur Datuak Rajo Mangkuto saja. Seluruh anggota keluarga pria yang menetap di  lereng Gunuang Sago tersebut sudah terdaftar sebagai peserta dari program kesehatan nasional tersebut.

“Saya sebagai anggota BPJS Kesehatan dan pemegang Kartu Indonesia Sehat yang ditanggung oleh pemerintah. Sekarang, setiap berobat saya tidak canggung lagi untuk memikirkan biaya, semuanya sudah ditanggung dan gratis,”ucap M Nur Datuak Rajo Mangkuto lagi. (*)

Reporter : Dadang Esmana | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]