Pemkab Solsel Targetkan PAD Rp336 Juta dari Sewa Kios dan Los Pasar di 2021


Kamis, 15 April 2021 - 15:33:39 WIB
Pemkab Solsel Targetkan PAD Rp336 Juta dari Sewa Kios dan Los Pasar di 2021 Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solsel, Budiman

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Solok Selatan (Solsel) targetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sewa kios dan los pasar pada 2021 sekitar Rp336 juta. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Solsel, Budiman, Kamis (15/4/2021).

Pihaknya mengaku, bakal memberlakukan pembayaran sewa kios dan los pasar secara non tunai untuk menghindari potensi pungutan liar.

Baca Juga : Sumbar Siapkan 50 Persen Jalur Zonasi pada PPDB 2021

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di harianhaluan.com

"PAD dari sewa kios dan los pada 2021 sekitar Rp336 juta dan pembayaran sewa kios melalui non tunai juga untuk menekan angka penyebaran Covid-19 sebab mengurangi tatap muka antara pengelola pasar dengan pedagang," katanya.

Baca Juga : Wako Pariaman Ajak Masyarakat Rawat Ekologi Pulau Angso Duo

Menurut Budiman, untuk menerapkan pembayaran sewa kios pasar secara non tunai Pemkab Solsel bekerjasama dengan Bank Nagari. Bank Nagari sedang mempersiapkan teknis pembayarannya dan sekarang Pemerintah daerah sedang menunggu realisasinya.

"Pedagang yang menempati kios pemerintah akan diberi kartu khusus oleh Bank Nagari, sudah seharusnya pembayaran non tunai digalakkan selain mempermudah masyarakat juga tidak perlu membawa banyak uang," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]