Lima Pelajar SD di Tanah Datar Dihantam Bus, Empat Diantaranya Meninggal


Kamis, 15 April 2021 - 20:42:50 WIB
Lima Pelajar SD di Tanah Datar Dihantam Bus, Empat Diantaranya Meninggal ilustrasi kecelakaan

BATIPUH, HARIANHALUAN.COM - Empat orang siswa sekolah dasar (SD) meninggal dunia setelah dihantam bus PO Gumarang Jaya di Nagari Pitalah Kecamatan Batipuh Kabupaten Tanah Datar, Kamis (15/4/2021).

Setidaknya, ada lima siswa SD yang menjadi korban kecelakaan tersebut, tiga orang dilaporkan meninggal di lokasi kejadian dan seorang lagi meninggal usai mendapat perawatan di rumah sakit. Seorang siswa lagi masih dalam perawatan.

Baca Juga : Aduh, Jelang Lebaran Karyawan Ini Malah Jadi Korban PHK Sepihak

Informasi yang dihimpun harianhaluan.com, kejadian di jalan Padang Panjang-Solok pada Kamis (15/4/2021) sekitar pukul 10.30 WIB. Peristiwa kecelakaan itu berawal saat bus Gumarang Jaya mencoba mendahului bus ANS yang ada di depannya. Sopir bus pun mengambil lajur kanan hingga naik ke atas trotoar. Ketika itu, kelima siswa SD tersebut tengah berdiri dan langsung dihantam oleh bus. 

Kasat Lantas Polres Padang Panjang, AKP Dedi Antonis mengatakan, saat kejadian, kelima korban berada di trotoar kemudian ditabrak bus. Tiga orang pelajar yakni, Afdholul Hardi (9), Wahyu Ilahi (10) dan Rafi Alfian (9) dinyatakan meninggal dunia di lokasi kejadian. Sedangkan, Muhammad Mudasir (9) meninggal setelah dirawat di RS Yarsi Padang Panjang. Saat ini, masih ada satu korban lagi yang dirawat bernama Azian (9).

Baca Juga : Menjelang Lebaran, Pria Ini Akhiri Hidup dengan Gantung Diri

Disebut Dedi, bus Gumarang Jaya dengan nopol BE 7320 CU ini dikemudikan sopir bernama Romi Julianto, datang dari arah Padang Panjang ke Solok. Sesampai di lokasi kejadian, diduga bus ANS yang berada di depan PO Gumarang Jaya melakukan pengereman mendadak. Hal ini membuat sopir bus Gumarang Jaya terkejut dan membanting setir ke kanan. 

“Bus ANS yang nopolnya tidak diketahui itu mengerem mendadak, lalu kendaraan Bus Gumarang jaya membanting stir ke kanan jalan. Sehingga bus menabrak para pelajar di trotoar,” tuturnya.

Ditambahkan Dedi, pihaknya sudah melakukan evakuasi dan mengamankan lokasi kejadian serta olah tempat kejadian perkara (TKP). Sementara, sopir bus Gumarang Jaya dan kernetnya tengah diperiksa. Untuk sopir bus ANS, petugas tengah melakukan penyelidikan. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]