DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar


Kamis, 15 April 2021 - 22:57:37 WIB
DPRD Harap Kedatangan Para Menteri Bawa Angin Segar untuk Pembangunan Sumbar Gedung DPRD Sumbar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sepekan sudah para menteri berkunjung ke Sumbar. Salah satu tujuan mereka untuk percepatan pembangunan infrastruktur di provinsi ini. Seiring hal itu, Ketua Komisi II DPRD Sumatera Barat yang membidangi ekonomi, Arkadius Datuak Intan Bano ikut memberikan tanggapan.

"Kedatangan sejumlah menteri, menjadi tren positif bagi Sumatera Barat. Untuk itu, kedatangan para menteri dari berbagai bidang tersebut, harus ditindaklanjuti pemerintah daerah agar janji pembangunan maupun percepatan ekonomi yang disampaikan dapat terealisasi," kata Arkadius, Kamis (15/4/2021).

Baca Juga : Berpulang ke Rahmatullah di Momen Lebaran Karena Covid-19, Berikut Perjalanan Karir Amri Darwis

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurut Arkadius, kedatangan para menteri juga menandakan adanya kepedulian pemerintah pusat terhadap pembangunan Sumatera Barat. Dengan kondisi tersebut, diharapkan pemerintah daerah dapat memanfaatkan dan menjaga peluang yang telah dijanjikan para menteri kepada Sumatera Barat.

Arkadius mengatakan, pembangunan di Sumatera Barat tidak akan dapat berjalan maksimal tanpa adanya bantuan dari Pemerintah Pusat. Hal tersebut disebabkan APBD yang tidak besar, sehingga hanya mampu mengakomodir pembangunan berskala kecil.

Baca Juga : Sumbar Siapkan 50 Persen Jalur Zonasi pada PPDB 2021

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Momentum kedatangan para menteri, harus dapat ditangkap pemerintah daerah dalam meraih keuntungan berupa pembangunan dan perbaikan perekonomian Sumatera Barat," kata Arkadius lagi.

Arkadius menambahkan, langkah yang harus segera dilakukan Pemerintah Provinsi agar janji sejumlah pembangunan yang disampaikan para menteri tidak hilang ditengah jalan, harus segera memasukannya ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026. Selain itu juga memasukan ke dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2022.

"Janji pembangunan dan perbaikan ekonomi telah ditawarkan, sekarang tinggal Pemprov dan pemda berupaya agar pusat mengganggarkannya di 2022, sehingga pembangunan tersebut benar-benar terwujud," kata Arkadius.

Seperti diketahui, sejak beberapa hari terakhir Sumatera Barat mengunjungi Sumatera Barat, misalnya saja Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan sejumlah wakil menteri.

Selama di Ranah Minang, Mendag meninjau progres pembangunan Marawa Resort dan Pasar Rakyat di Pariaman. Sementara Mentan berkeliling melihat pertanian di Solok. Begitu juga Suharso Monoarfa. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]