Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas


Kamis, 15 April 2021 - 23:23:18 WIB
Pandemi Belum Reda, Warga Padang Takut Berobat ke Puskesmas Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Covid-19 dapat menyerang seluruh lapisan usia, nama data menunjukkan masyarakat dalam usia lanjut dan memilki riwayat penyakit kronis seperti diabetes dan hipertensi berisiko lebih rentan dengan komplikasi yang lebih buruk.

Sama halnya dengan salah satu puskesmas yang ada di Kota Padang, yakni di Puskesmas Lubuk Buaya. Tercatat bahwa diabetes dan hipertensi dengan kasus tertinggi hampir mencapai 11 ribu kasus per tahun.

Baca Juga : Temui Mantan Wawako Padang Yusman Kasim, Hendri Septa Bicarakan Hal Ini

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Hal tersebut diakui Kepala Puskesmas Lubuk Buaya, Sari. Meskipun kasus diabetes dan hipertensi tinggi namun masih sedikit masyarakat yang melakukan swab test.

"Yang nomor satu sebenarnya ISPA, kemudian nomor dua diabetes HT. Pada saat covid-19 yang menderita ISPA ini takut berobat, karena pasien yang batuk pilek langsung diswab," kata Sari.

Baca Juga : Bekas Atom Center Padang Disulap jadi Penampungan Anak Yatim

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sari menyebutkan, puskesmas Lubuk Buaya setiap hari Sabtu. Dilakukan swab tersebut hanya untuk memastikan apakah betul-betul Covid-19 atau tidak. Bukan berarti positif covid-19.

"Tapi masyarakat sudah keburu takut diswab, dalam juknis Kementerian bahwa mereka yang batuk, pilek. Jadi ISPA jadi yang terbanyak nomor 2," tukas Sari.

Sebelumnya, berdasarkan data yang dirilis Pemprov Sumbar pada Minggu (11/4/2021) terdapat 114 orang pasien terkonfirmasi positif. Sehingga total pasien yang terinfeksi mencapai 33.069 orang. Kemudian pasien yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 bertambah 92 kasus total menjadi 30.843 orang.

Jasman mengatakan pada situs sumbarprov.go.id dari jumlah spesimen yang diperiksa 621.072dan jumlah orang yang diperiksa 419.916didapati 114 orang terinfeksi Corona dan sembuh 92 kasus. Saat ini positivity rate menjadi 7,88 persen. 

"Dari 1450 sample yang terperiksa terkonfirmasi tambahan 114 orang warga Sumbar positif terinfeksi Covid-19, kesembuhan pasien Covid-19 setelah 2x konversi negatif bertambah 92 orang," terang Jasman. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]