Walikota Pariaman Genius Umar Tinjau Pasar Pabukoan di Lapangan Merdeka dan di Pasar Kurai Taji


Jumat, 16 April 2021 - 09:45:00 WIB
Walikota Pariaman Genius Umar Tinjau Pasar Pabukoan di Lapangan Merdeka dan di Pasar Kurai Taji Walikota Pariaman, Genius Umar (pakai peci hitam), Gusniyeti Zaunit dan Firdaus Umar, ketika di salah satu tempat penjual pabukoan di pasar pabukoan.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Kamis (15/4-2021), Walikota Pariaman bersama pejabat di daerah itu meninjau secara dekat pasar pabukoan di Lapangan Merdeka dan di Pasar Kurai Taji. Peninjauan tersebut, diikuti BPOM, yang bertugas sebagai Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

   
"Badan ini mengambil sampel khususnya terhadap makanan-makanan yang berwarna untuk di cek di laboratorium, apakah mengandung bahan-bahan berbahaya seperti borak atau bahan pengawet atau bahan pewarna yang dapat menganggu kesehatan," kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Baca Juga : Baku Tembak dengan Aparat TNI-Polri, 2 Anggota KKB Dilaporkan Tewas

Genius Umar berdialog dengan penjual pabukoan dan membeli pabukoan.

Baca Juga : Temui Wagub Sumbar, BNI Wilayah 02 Siap Kucurkan KUR Rp30 Miliar untuk Petani


  
Walikota dalam peninjauan tersebut juga berdialog dengan penjual pabukoan, tentang makanan dan minuman pabukoan.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Seiring dengan itu, petugas BPOM melaksanakan tugasnya mengambil sampel makanan dan minuman yang dijual di pasar pabukoan dengan cara membelinya.

Walikota sedang berdialog dengan Kepala Dishup Kota Pariaman, Yanrileza.
  

Seperti diungkapkan Kepala BPOM, Firdaus Umar, pada Kamis ini kita di Kota Pariaman bersama Walikota dan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit dan pejabat lainya, melakukan tinjauan pasar pabukoan.
   
"Terkait hal ini tentu erat kaitanya dengan pengawasan pangan yang dijual disini, di pasar pabukoan," kata dia.
   
Dan sekaligus mengambil sampel untuk dilakukan uji di laboratorium BPOM, terkait bahan-bahan berbahaya yang terkandung dalam pangan.

Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit di salah satu tempat penjual makanan/minuman di pasar pabukoan Kota Pariaman.
   

Pada uji laboratoriun yang dilakukan meliputi 4 item, yaitu borak, formalin, pewarna merah atau rhodamin B, pewarna kuning atau metamil yellow.
   
Menurut Firdaus Umar, uji tersebut akan dilakukan dengan sebaik-baiknya dan secepat mungkin agar bisa  diketahui hasilnya.
   
Memang tak berapa lama menunggu setelah proses pengujian dilakukan terhadap 30 sampel yang diambil di dua pasar pabukoan itu, hasilnya Negatif.

Walikota Pariaman, Genius Umar saat berdialog dengan Kepala Dinas Perindagkop dan UKM, Gusniyeti Zaunit.


Artinya makanan dan minuman yang dijual di pasar pabukoan tersebut, aman dari penggunaan bahan berbahaya seperti borak, formalin, pewarna merah atau Rhodamin B dan pewarna kuning atau metamil yellow.
   
Dengan hasil negatif itu, makanan minuman yang dijual pedagang di pasar pabukoan tersebut aman dan nyaman untuk dikonsumsi.
   
Kepala Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pariaman, Gusniyeti Zaunit, terlihat gembira, karena pedagang disini tetap mengacu dan mempertahankan kehigenisan makanan yang dijual.
  
Begitupun terhadap cita rasa serta mutu kualitas makanan/minuman yang dijual pedagang tetap terjaga dengan baik.
   
Dengan hal ini diharapkan omzet pedagang makin meningkat dan tentu akan bermuara kepada tingkat kesejahteraan mereka.
   
"Pembeli aman dan nyaman mengkonsumsi makanan/minuman di pasar pabukoan tersebut dan pedagang pabukoanpun senang," kata Gusniyeti Zaunit. (*)

Reporter : Trisnaldi | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]