Kepastian Ibadah Haji 2021, Komisi VIII DPR Desak Presiden Jokowi Lobi Raja Salman


Jumat, 16 April 2021 - 19:27:08 WIB
Kepastian Ibadah Haji 2021, Komisi VIII DPR Desak Presiden Jokowi Lobi Raja Salman Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Hingga saat ini belum ada kepastian pemberangkatan calon jemaah haji Indonesia. Karena itu Presiden Jokowi harus turun tangan melobi Kerajaan Arab Saudi.

"Komisi VIII mendesak Presiden Jokowi harus melobi langsung Raja Salman untuk memastikan keberangkatan calon jemaah haji Indonesia. Tidak cukup antara menteri, tapi harus presiden langsung yang turun tangan,” kata anggota Komisi VIII DPR dari Demokrat Achmad kepada wartawan, Jumat (16/4/2021).

Baca Juga : Pasokan BBM dan LPG Periode Libur Lebaran Aman

Achmad menilai, diplomasi yang terbilang lemah itu menyebabkan Indonesia sampai saat ini belum mendapatkan kepastian tentang keberangkatan, kuota jamaah hingga visa.

"Termasuk kunjungan tim Panja Haji DPR RI bersama pemerintah belum dibuka untuk dapat melakukan observasi dan persiapan secara langsung di Tanah Suci. Akibatnya, Indonesia belum mendapatkan gambaran jelas terkait protap pelaksanaan haji di masa pandemi," ungkap Achmad.

Baca Juga : Kapolri Minta Warga Hindari Silaturahmi di Wilayah Aglomerasi

"Ini menyangkut harga diri bangsa kita juga. Indonesia sebagai negara yang terbesar penduduk muslimnya dan juga jemaah calon haji terbesar di dunia. Jadi sudah seharusnya kita di prioritaskan," tambahnya.

Politisi Demokrat asal Riau itu menegaskan, pemerintah harus memastikan nasib CJH Indonesia. Pasalnya, sudah setahun mereka batal berangkat menunaikan ibadah haji.

"Pemerintah harus fokus dalam mengurus ini. Bapak presiden harus turun langsung dan memastikan nasib mereka ini," pintanya.

Terkait kondisi pandemi Covid-19, ia mengusulkan kemungkinan calon jemaah haji yang tak memenuhi syarat vaksinasi Covid-19 karena beberapa faktor bisa dibina terlebih dahulu.

"Intinya DPR akan mendesak terus upaya pemerintah untuk memberangkatkan dan Komisi VIII juga akan terus mengawal ini," pungkasnya. (*)

Reporter : Syafril Amir | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]