Pemprov Riau Batalkan SK Edwar Sebagai Unsur Pengarah BPBD, Ini Sebabnya


Jumat, 16 April 2021 - 22:18:35 WIB
Pemprov Riau Batalkan SK Edwar Sebagai Unsur Pengarah BPBD, Ini Sebabnya Ilustrasi. Net

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Jabatan mantan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger, sebagai Unsur Pengarah BPBD Riau, dibatalkan Pemerintah Provinsi Riau.

Pembatalan itu karena  tidak sesuai dengan aturan yang berlaku di Pemerintahan Provinsi Riau, dan sebagai gantinya, Edwar Sanger menjabat sebagai Tenaga Ahli Gubernur Riau, Bidang Penanggulangan Bencana.

Baca Juga : Sah! Zukri Misran dan H Nazaruddin Resmi Jadi Bupati dan Wabup Pelalawan

Kepala Biro Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Setdaprov Riau, Elly Wardhani, mengatakan, Surat Keputusan (SK) Edward Sanger, sebagai Unsur Pengarah BPBD Riau karena dinilai melanggar aturan, sebab tak melalui fit and propertest terlebih dahulu di DPRD Riau. Sehingga Pemprov Riau membatal SK tersebut setelah mendapat penolakan dari DPRD Riau.

“Pengangkatan beliau (Edward Sanger) sebagai Unsur Pengarah BPBD sudah kita batalkan. Sekarang pak Edward sekarang menjabat Tenaga Ahli. Tugas pokok beliau salah satunya memberikan masukan atau pertimbangan terkait kebencanaan di Riau. Karena kita menilai belaiu cukup berpengalaman di bidang itu,” ujar Elly Wardhani, dikutip dari Haluanriau.co,  Jumat (16/4/2021).

Dijelaskan Elly, Edward Sanger menjabat sebagai Tenaga Ahli Gubernur Bidang Penanggulangan Bencana terhitung sejak awal April lalu, dan sudah mulai kembali bekerja sesuai dengan jabatannya yang telah ditetapkan. Membantu BPBD Riau, dalam menyelesaikan penanggulanhan bencana di Riau, baik Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) maupun banjir, dan lainnya.

Baca Juga : Dikenal Gigih, Putra Siak jadi Korban Kapal Selam KRI Nangala-402

Sebelumnya diberitakan, setelah pensiun sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Riau, mantan Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger, tetap mengabdi bagi bumi lancang Kuning, dengan dipercaya sebagai tim anggota unsur pengarah BPBD Riau, dan SK pengangkatannya langsung diserahkan oleh Gubernur Riau, Syamsuar, bersamaan dengan pelantikan kepala BPBD Riau, Edy Afrizal.

Menurut Gubri Syamsuar, pengangkatan Edwar Sanger sebagai anggota unsur pengarah BPBD Riau, setelah selama lima tahun menjabat sebagai Kepala BPBD Riau, sukses menjalankan tugas. Dan Edwar Sanger juga mendapat kepercayaan berkerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Kita mengharapkan pengalamannya untuk membangun hubungan yang harmonis, dan bisa kembali membantu Riau, terutama dala penanganan Karhutla. Bersama kepala BPBD Riau, bekerjasama menangani Karhutla, melalui pengalaman-pengalaman yang sudah dijalaninya,” kata Gubri, Syamsuar, beberapa waktu lalu. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]