Seekor Kucing Jadi Kepala Kepolisian di Jepang, kok Bisa?


Sabtu, 17 April 2021 - 15:29:35 WIB
Seekor Kucing Jadi Kepala Kepolisian di Jepang, kok Bisa? Ilustrasi

TOKYO, HARIANHALUAN.COM - Seekor kucing di Kota Toyoma, Jepang, menjadi kepala kepolisian selama sehari pada Selasa 13 April 2021. Ini merupakan salah satu bentuk penghargaan setelah kucing itu membantu menyelamatkan seorang kakek yang tercebur ke selokan.

Musibah tersebut terjadi pada 16 Juni 2020 ketika kucing bernama Koko-chan memberi tahu para pejalan kaki yang lewat usai menemukan seorang lelaki tua terbaring di selokan selebar 60 sentimeter dengan kedalaman 40 cm. Meski tidak terlalu dalam, selokan itu berisi air dengan kedalaman sekira 15 cm.

Baca Juga : Islamofobia Terus Menyebar di Eropa, Erdogan: Sama Bahaya dengan Corona!

Orang yang lewat tersebut lantas menelepon putrinya, dan tidak lama berselang pemilik Koko-chan datang bersama kedua putranya. Mereka berlima kemudian berhasil mengangkat kakek itu keluar dari selokan. Untungnya tidak ada cedera serius pada pria tua itu. Ia hanya menderita luka ringan di kulitnya.

Sebagaimana dilansir laman World of Buzz, Jumat (16/4/2021), Kantor Polisi Toyama Minami memutuskan memberi penghargaan kepada lima orang tersebut dengan menerbitkan sertifikat pujian pada 20 Juni 2020. Sementara Koko-chan diberi makanan kucing atas usahanya itu.

Baca Juga : Konflik antara Israel dan Hamas, 67 Tewas di Gaza dan 7 di Israel

Setahun kemudian, upacara penghargaan dilakukan oleh polisi untuk menghargai jasa Koko-chan. Ia diberikan sertifikat yang menyatakan komitmennya untuk menjaga keamanan lingkungannya.

Setelah dinobatkan sebagai kepala kepolisian selama satu hari, Koko-chan mengunjungi Sekolah Dasar Kumano yang merupakan tempat diadakan kelas keselamatan lalu lintas untuk anak-anak.

Kucing itu pun menyaksikan aturan berbagai keselamatan. Di antaranya melihat ke kiri dan ke kanan sebelum menyeberang jalan dan mengangkat satu tangan saat menyeberang sebagai indikasi kepada pengemudi yang melaju.

"Saya ingin anak-anak berhati-hati terhadap kecelakaan lalu lintas dan tercebur selokan saat berjalan. Koko terlihat gugup, dan dia sering keluar rumah saat anak-anak pergi ke sekolah. Jika ada yang tidak beres, saya ingin Koko mengingatkan saya lagi," kata pemilik Koko-chan. Demikian okezone.(*)

Editor : Nova Anggraini | Sumber : okezone
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]