Cara Mengatasi Bau Mulut, Banyak Minum Air Putih saat Berbuka


Sabtu, 17 April 2021 - 21:19:10 WIB
Cara Mengatasi Bau Mulut, Banyak Minum Air Putih saat Berbuka Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Selama menjalani ibadah puasa, umat muslim diharuskan untuk menahan segala nafsu baik makan dan minum juga mengontrol emosi dari dalam diri. Paslanya, tidak ada makanan atau minuman yang dikonsumsi, sehingga produksi air liur di dalam mulut tentu menjadi menurun.

Air liur berfungsi untuk membantu membunuh bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut. Oleh sebab itu, mulut kita mengeluarkan bau tidak sedap, dan napas yang tidak segar. Agar tidak malu dan dijauhi oleh orang sekitar akibat aroma napas yang tidak sedap.

Baca Juga : Raih Opini WTP Kedelapan Kalinya, Kota Padang Komitmen Lakukan Perbaikan Pemeriksaan Keuangan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Kepala Puskesmas Nanggalo, kota Padang Dr. Devita Rizqi memberikan tips sederhana kepada masyarakat yang melaksanakan berpuasa untuk menjaga nafas tetap segar dan tidak bau mulut selama berpuasa.

"Banyak minum air putih di saat berbuka dan sahur, mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung serat, seperti apel dan wortel. Serta sebaiknya bagi umat muslim yang berpuasa menghindari makanan berbau menyengat seperti bawang bombay, pete dan jengkol," jelasnya.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sebelum tidur, jangan lupa rajin menyikat gigi setelah sahur dan menjelang tidur malam. Sebelum tidur juga dianjurkan untuk berkumur dengan air garam, dengan cara garam dilarutkan satu sendok teh dalam segelas air hangat, lalu kumur selama tiga puluh detik lalu buang dan pastikan jangan sampai tertelan. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]anhaluan.com