Onde-onde, Makanan Khas Sumbar yang Sering Ditemui saat Ramadan


Sabtu, 17 April 2021 - 23:21:16 WIB
Onde-onde, Makanan Khas Sumbar yang Sering Ditemui saat Ramadan Onde-onde

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Berbagai jenis jajanan diburu masyarakat sebagai menu berbuka puasa. Salah satunya onde-onde atau klepon, makanan khas Sumbar. Dilihat sepintas, onde-onde mirip bola-bola salju biasa yang dilumuri dengan kelapa dan ukuran lebih kecil.

Rasanya yang manis dan kenyal membuat makanan yang satu ini cocok sebagai pembuka selera saat bersantap buka puasa.

Baca Juga : Muhasabah Perpisahan dengan Ramadan

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Laris manisnya onde-onde di bulan Ramadan, diakui oleh para pedagang makanan dimaksud. Salah satu pabukoan di Lubuk Lintah, Meri menyebut bisa menjual hingga 5.00 biji onde-onde per hari selama bulan ramadan.

Meri mengaku menjual onde-onde hanya di bulan ramadan saja sebagai penambah penghasilan. Satu kotak onde-onde dijual seharga Rp5.000.

Baca Juga : FIFGROUP Salurkan Bingkisan Lebaran untuk Masyarakat Sekitar dan Mitra

“Dibulan Ramadan ini meningkat peminatnya,” sebut Meri.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Makanan tradisional khas Sumbar ini hendaknya juga diminati oleh masyarakat, tidak hanya dibulan Ramadan. Hal ini agar makanan tradisional tetap dicintai oleh masyarakatnya.

Pantauan di lokasi, Jalan M Yunus persisnya di UIN IB Padang ini padat oleh pengunjung dan pengendara yang membeli makanan berbuka puasa. Situasi tersebut membuat pengunjung tampak ramai.

Meski ramai masyarakat tetap menjaga jarak sesuai protokol kesehatan. Sehingga pengunjung mengaku tidak khawatir dengan kondisi itu. Sebagian pengunjung dan juga penjual tampak memakai masker.

Pedagang pabukoan di tempat ini diserbu warga yang mencari makanan berbuka puasa. Sebagian pengunjung justru menyambut bahagia dengan kehadiran pedagang pabukoan di bulan Ramadan ini.

Sebab perekonomian warga kembali bergeliat, dan masyarakat tidak lagi hanya larut dalam kesedihan setelah dilanda pandemi. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]