Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta


Sabtu, 17 April 2021 - 23:42:19 WIB
Denda Pelanggar AKB di Sumbar Terkumpul Rp90 Juta Dok Harianhaluan.com

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Untuk pelaksanaan penegakan Perda Nomor 6 tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Sumbar yang dimulai dari 1 Januari sampai 11 April 2021 berbagai sanksi sudah diberikan kepada personil maupun perorangan yang dilaksanakan secara gabungan.

Sanksi denda yang terkumpul sudah mencapai nilai Rp90 juta dari total pelanggar 30.707 orang. Gabungan denda administratif yang dilakukan baru satu, sedangkan mandiri dilakukan masing-masing Kabupaten/kota.

Baca Juga : DLH Sumbar Dorong Pembuatan Depo Limbah di Daerah

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Sanksi gabungan dilaksankan Satpop PP, Kepolisian, TNI dan Polri. Kepala Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedy Diantolani mengatakan, Kabupaten/kota secara mandiri telah melaksanakan sanksi administrasi total 90 orang dan dimasukkan ke kas daerah.

"Untuk penerapan sanksi sosial sejak Januari hingga April ini pihaknya sudah memberlakukan kepada 30.088 orang, dengan sanksi berupa membersihkan tempat dan sarana umum sambil memakai jaket yang sudah disiapkan," katanya.

Baca Juga : Polda Sumbar Pastikan Tutup Seluruh Objek Wisata saat Libur Lebaran

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Sementara itu, untuk pelaku usaha sebanyak 419 pelanggaran dengan teguran lisan dan denda sebesar Rp500.000.

Kabupaten/kota yang paling menonjol untuk pelaksanaan penegakan perda dan pemberian sanksi kepada masyarakat yakni kabupaten Pesisir Selatan dengan angka grafik 8000, sedangkan terendah yakni Kabupaten Sijunjung dan Kepulauan Mentawai.

"Penegakan perda ini akan diterapkan hingga akhir tahun, dan jika covid-19 masih ada tahun berikutnya maka perda ini tetap akan berlanjut," jelasnya. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]