Waspada! Termasuk Sumbar, 24 Wilayah Ini Dibayangi Cuaca Ekstrem


Ahad, 18 April 2021 - 08:49:28 WIB
Waspada! Termasuk Sumbar, 24 Wilayah Ini Dibayangi Cuaca Ekstrem Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi yang diperkirakan terjadi di 24 wilayah di Indonesia pada Minggu (18/4/2021).

"Perlu diwaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang di berbagai wilayah Indonesia," demikian pernyataan Kedeputian Bidang Meteorologi BMKG.

Baca Juga : Pengangguran Meningkat Tajam, Pemerintah Diminta Responsif Perluas Lapangan Pekerjaan

Adapun wilayah yang berpotensi digurur hujan dan cuaca ekstrem hari ini yakni Aceh, Bangka Belitung, Bengkulu, Gorontalo, DKI Jakarta, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur. Selain itu Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Lampung, Maluku Utara, NTB, Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, dan Sumatra Barat, dan Sumatra Utara.

Suhu udara pada hari ini berkisar mulai 20 derajat hingga 34 derajat Celcius dengan kelembaban udara 55 hingga 100%.

Baca Juga : Anis Matta: Situasi Krisis, Indonesia Membutuhkan Narasi yang Menyatukan

BMKG juga merilis Siklon tropis surigae (935 hPa) terpantau di Samudra Pasifik utara Halmahera dan berdampak peningkatan tinggi gelombang mencapai 4-6 meter di Samudra Pasifik utara Halmahera. Sementara gelombang 2,5-4 meter di perairan Kepulauan Sangihe- Kepulauan Talaud dan Samudra Pasifik utara Papua Barat.

Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara pada umumnya bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari timur-selatan dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot.

Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Maluku bagian utara dan Perairan utara Halmahera. (*)

Editor : Heldi Satria | Sumber : beritasatu.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]