Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021


Ahad, 18 April 2021 - 10:57:44 WIB
Batang Arau Disiapkan untuk Berlabuhnya KRI Dewa Ruci pada Festival Jalur Rempah dan Pelayaran Muhibah Budaya Tahun 2021 Wali Kota Padang, Hendri Septa

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang Hendri Septa mengusulkan Sungai Batang Arau menjadi kawasan berlabuhnya KRI Dewaruci dalam pelayaran Muhibah Budaya dan Fetival Jalur Rempah 2021. Hal itu disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan Kemendikbud Provinsi Sumatra Barat. Menurutnya, kawasan Batang Arau mempunyai nilai sejarah. Karena sungai Batang Arau pernah menjadi penyangga berdirinya Kota Padang di masa lalu. Selain itu sungai Batang Arau juga menjadi pintu gerbang antar pulau.

"Batang Arau juga merupakan kawasan cagar budaya kota tua di Kota Padang. Selain itu tempatnya juga strategis," katanya, Minggu (18/4/2021).

Baca Juga : Raih Opini WTP Kedelapan Kalinya, Kota Padang Komitmen Lakukan Perbaikan Pemeriksaan Keuangan

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sumatra Barat menetapkan pelabuhan Teluk Bayur sebagai tempat berlabuhnya salah satu kapal bersejarah milik Indonesia itu. Direncanakan KRI Dewa Ruci akan berlabuh di Kota Padang pada 1 Oktober 2021 nanti. Hendri menambahkan, sungai Batang Arau saat ini dalam masa pembersihan melibatkan tenaga ahli dari Jerman.

Baca Juga : Jelang Idul Fitri, Gema Sehat Juken BKKBN Sumbar Bagi-bagi Sembako untuk Kaum Dhuafa di Padang

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

"Jika hal itu dapat diselesaikan menjelang kedatangan KRI Dewa Ruci, maka akan menjadi tempat yang lebih strategis. Pemerintah Kota Padang mendukung penuh acara pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021 menggunakan KRI Dewa Ruci ini. Kegiatan ini akan menjadi momentum bagi kebangkitan pariwisata di Kota Padang," harapnya.

KRI Dewa Ruci memilik waktu empat hari berlabuh di Kota Padang. Nantinya selama empat hari tersebut akan digelar berbagi kegiatan. Karena itu merupakan festival rempah pasti berkaitan dengan pangan, kuliner dan berbagai produk turunan termasuk seni.

Pelayaran Muhibah Budaya dan Festival Jalur Rempah 2021 merupakan pelayaran mengelilingi Jalur Rempah Indonesia menggunakan KRI Dewa Ruci. Pelayaran dimulai dari Bandar Neira, Maluku, 17 Agustus 2021, dan akan berlabuh di 13 titik pelabuhan Indonesia, diantaranya Medan, Banten dan Surabaya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]