Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak


Ahad, 18 April 2021 - 21:18:31 WIB
Penertiban Balap Liar di Padang, Seorang Personel Polisi Ditabrak Puluhan sepeda motor yang diamankan dalam operasi penertiban balap liar, Minggu dinihari.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 41 unit sepeda motor dan tujuh orang pelaku balap liar berhasil diamankan oleh jajaran Polresta Padang. Namun, saat melakukan penertiban, salah seorang anggota tim Klewang Satreskrim Polresta Padang Aipda David Rico Darmawan ditabrak oleh pelaku balap liar tersebut. Akibatnya, personel Opsnal yang dikenal sadis tersebut dibuat tersungkur usai ditabrak. 

Dalam penertiban pada Minggu (18/4/2021) sekitar pukul 02.00 WIB itu, puluhan kendaraan diduga balap liar langsung dikandangkan dan ditilang, sedangkan yang pengendara menabrak personil polisi tersebut berhasil diamankan dan dibawa ke Polresta Padang untuk dimintai keterangan. Penertiban itu dilakukan karena banyaknya laporan dari masyarakat dengan aksi balap liar yang dilakukan pada Sabtu malam hingga Minggu dinihari. 

Baca Juga : Sidak 11 Kamar Hunian, Kalapas Kelas IIA Padang: Jangan Coba-coba ya!

Pada Minggu dinihari itu, petugas mendapat informasi adanya balap liar di Jalan Khatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara. Jajaran Tim Klewang pun langsung dipersiapkan untuk melakukan pengintaian dan memang ditemukan aktifitas tersebut di lokasi. Ketika akan diamankan, semua tim bergerak, termasuk Tim Klewang. Saat itu, Aipda David Rico Darmawan melihat salah seorang pelaku balap liar yang mencoba kabur.

"Ketika itu, Aipda David mencoba menghentikan, tapi pengendara motor ini malah menambah kecepatan. Tidak bisa mengindar, Aipda David langsung ditabrak dan tersungkur, sedangkan si pengendara juga terjatuh dan diamankan personel di lokasi. Aipda David langsung dibawa ke RS Bhayangkara untuk mendapatkan perawatan," kata Kabag Ops Polresta Padang Kompol Andi P Lorena.

Baca Juga : Gelombang Tinggi, Nelayan di Padang Bisa Habiskan Waktu 12 Jam Mencari Ikan

Dia menjelaskan, selain petugas yang terluka, ada sekitar 41 unit kendaran yang diamankan dalam razia balap liar tersebut, tujuh pelaku juga berhasil diamankan dan dibawa ke Polresta Padang. Dia menyebut, dalam lima hari, sudah ada sekitar 100 kendaraan balap liar dan tawuran yang dikandangkan di Polresta Padang. Kendaraan-kendaraan itu langsung ditilang dan dirantai sampai surat tilangnya ditebus di pengadilan. 

"Kita tidak akan goyah untuk mengamankan pelaku balap liar dan tawuran yang merusak warga yang sedang beribadah puasa di bulan Ramadan ini. Sementara, personel kita yang bernama Aipda David Rico Darmawan, luka di bagian kaki dan menjalani rawat jalan di rumah," tutupnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]