Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Hari Ini Riau 4 Besar di Indonesia


Ahad, 18 April 2021 - 22:05:46 WIB
Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Hari Ini  Riau 4 Besar di Indonesia Ilustrasi. Net

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Di Provinsi Riau kasus penambahan pasien terkomfirmasi positif Covid-19  masih terus meningkat. Hari ini, Minggu (18/4/2021), bertambah sebanyak 330 kasus, total terkomfirmasi 38.883 kasus.

Untuk pasien yang sembuh dari Covid-19, sebanyak 278 pasien yang dinyatakan sembuh, total 35.239 orang.

Baca Juga : Bahaya Nggak Sih, jika Melewatkan Dosis ke Dua Vaksin Covid-19? Simak Penjelasan Ahli

Dari penambahan kasus positif Covid-19 secara nasional, Riau masuk dalam 4 besar penyebaran Covid-19, setelah DKI Jakarta, 950 kasus, Jawa Barat 769 kasus, Jawa Tengah 396 kasu, Riau 330 kasus, Jawa Timur 241 kasus dan Sumatera Barat, 204 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, lagi-lagi mengingatkan seluruh masyarakay untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, selagi masyarakat tidak mematuhi protokol kesehatan, kasus positif di Riau akan terus terjadi. Tidak ada jalan lain selain patuhi protokol kesehatan.

“Kenaikan kasus positif Covid-19 ini, tidak terlepas dari semakin banyaknya masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan, walaupun sudah setiap saat diingatkan untuk mematuhi protokol Kesehatan, dengan tetap memakai masker, menjaga jarak, dan selalu mencuci tangan,” kata Mimi dikutip Haluanriau.co.

Baca Juga : Dukung Ibadah Puasa Nakes di Wisma Atlet, Alodokter dan Fore Coffee Bagikan 1000 Cup Manuka

Dijelaskan Mimi Yuliani, klaster keluarga masih menjadi kasus tertinggi di Riau, jika dalam satu keluarga terdapat kasus positif, selanjuthya dilakukan tracing kontak erat, dan hasilnya dalam satu keluarga terkomfirmasi positif. Hal ini terjadi karena ketidak patuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan.

“Masih banyak dari klaster keluarga, dan hasilnya dari tracing ini makanya terdeteksi banyak kasus positif. Kemudian pemeriksaan pada saat perjalanan, secara sendirinya terdeteksi hasil rapid antigennya positif. Kalau untuk swab mandiri sekarang tidak begitu banyak, tapi daei pemeriksaan rapid antigen banyak terkomfirmasi,” kata Mimi.

Sementara itu, untuk kasus pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19, juga masih tinggi bila dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. Meningkatnya pasien yang meninggal dunia akibat Covid-19 ini, karena banyaknya lansia yang terpapar Covid-19, dan disertai juga dengan penyakit bawaan yang diderita pasien.

“Ya persentasen pasien yang meninggal akibat Covid-19 meningkat. Kasus yang meninggal banyak usia tua 50 tahun ketas. Ada juga yang dibawah 50 tahun, tapi disertai dengan penyakit lain yang diderita pasien,” ujar Mimi. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]