Warga Lubuk Gadang Utara Terima BLT Dana Desa untuk 127 KPM


Senin, 19 April 2021 - 13:41:04 WIB
Warga Lubuk Gadang Utara Terima BLT Dana Desa untuk 127 KPM Penyaluran BLT DD di kantor Wali Nagari Lubuk Gadang Utara

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Lubuk Gadang Utara (LGU) Kecamatan Sangir menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) untuk 127 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Senin (19/4/2021) di kantor Wali Nagari setempat.

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Catut Nama Petugas TNI dan Polri, Pemnag Gunung Medan Diduga Minta THR ke Pengusaha

"Proses penyaluran secara non tunai yang dilakukan melalui transfer bank untuk 107 KPM sedangkan untuk 20 KPM lagi dilakukan secara tunai karena tidak memungkinkan sebab mengalami penyakit menahun dan lansia," kata  Pj Wali Nagari Lubuk Gadang Utara,  Joni Pardilo.

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Baca Juga : Dapat Program Aladin, Pemprov Sumbar Bedah Rumah Junaidi

Menurutnya, 127 KPM itu berdasarkan jumlah warga yang tersebar di 7 Jorong, dengan alokasi tahap pertama sebesar Rp900 ribu/KPM atau BLT untuk Januari sampai Maret 2021. "BLT DD ini bakal disalurkan untuk jangka waktu setahun dengan syarat penerima manfaat telah membayar Pajak Bumi Bangunan," sebutnya.

Pihaknya mengatakan penyaluran melalui transfer bank dilakukan sebagai upaya transparansi dan akuntabilitas Pemerintahan Nagari dalam mengelola keuangan. "Selain itu, juga untuk mencegah penyelewengan dana desa. Semoga ada dampak merobah ekonomi masyarakat, jadi warga yang menerima tahun ini, harapannya tidak lagi menjadi penerima manfaat tahun depan," tuturnya.

BLT tersebut, imbuhnya bersumber dari anggaran Dana Desa dengan kriteria yang diutamakan yaitu keluarga miskin yang berdomisili di Nagari ini dan belum pernah mendapatkan bantuan sosial lainnya seperti UMKM, kartu pra kerja, BPNT, PKH dan lainnya.

Pihaknya berharap dalam penyaluran BLT itu, mampu membantu kebutuhan masyarakat penerima manfaat, pemulihan ekonomi massa pandemi Covid-19. "Semoga masyarakat terbantu dan dapat digunakan untuk kebutuhan," ujarnya.

Penyaluran juga dihadiri perwakilan Kecamatan Sangir, Ketua Bamus Nagari LGU Bulhasan  Dt.Panduko Alat, Bhabinkamtibmas Nagari LGU Bripka Zuliandi. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]