Mubalig: Perbanyak Taubat Selagi di Bulan Ramadhan


Selasa, 20 April 2021 - 07:28:38 WIB
Mubalig: Perbanyak Taubat Selagi di Bulan Ramadhan Mubalig asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Faisal Lubis SPdI, saat didapuk untuk menyerahkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Tim VII Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten setempat kepada Jamaah Masjid Baitul Amanah Nagari Panyubarangan Kecamatan Timpeh, Senin (19/04) malam.

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Mubalig asal Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Faisal Lubis SPdI, mengajak umat muslim memperbanyak taubat sebagai salah satu amalan rutin di bulan Ramadhan. 

Hal itu ia sampaikan saat memberikan tausyiah kepada Jama'ah Masjid Baitul Amanah Jorong Panyubarangan, Kecamatan Timpeh, pada kunjungan Tim Safari Ramadhan VII Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Senin (19/04) malam. 

"Saya teringat akan sebuah syair dari seorang alim bernama Abu Nawas yang menyiratkan ketakutannya akan menjadi penduduk neraka, namun beliau juga belum merasa pantas untuk memasuki sorganya Allah SWT, " Ungkapnya. 

Baca Juga : Orari Diharapkan Berkontribusi dalam Pembangunan Sumbar

Dari ungkapan hati beliau, lanjutnya, akan menjadi pelajaran berharga bagi umat muslim bahwa manusia sebagai tempat berkumpulnya salah dan dosa pada dasarnya sangat membutuhkan ampunan atas segala kesalahan. 

Sekaitan dengan hal itu, lanjutnya, Allah pun menjadikan Ramadhan sebagai penghulu bulan dan diberikan keutamaan yang berlimpah dari bulan-bulan lainnya, yang mana pada bulan tersebut terbuka pintu taubat bagi seluruh penghuni alam.

Ia mengatakan, setidaknya ada tiga amalan utama yang bisa diamalkan oleh setiap umat muslim selama menjalani ibadah puasa Ramadhan demi menjemput ampunan dari Allah SWT. 

"Yang pertama adalah membaca Al-Quran secara rutin diiringi pemahaman atas arti dan makna yang terkandung dalam setiap ayat-ayat yang dibaca guna mempertebal keimanan dan keyakinan akan segala sifat dan kekuasaan Allah SWT, " Jelasnya. 

Kemudian, lanjutnya, memperbanyak bersedekah juga merupakan senjata ampuh dalam menggugurkan dosa, disamping meraih pahala jika dilakukan dengan keikhlasan yang penuh amalan sedekah juga mampu menjadi solusi dalam mengokohkan tali persaudaraan antar umat manusia di dunia. 

"Yang terakhir adalah melanggengkan sholat malam di hari lain dan melaksanakan ibadah malam di bulan suci Ramadhan dengan kesungguhan hati, " Ulasnya. 

Ia menegaskan, jika ada hamba yang mampu menjalani semua ibadah tersebut dengan merendahkan hati demi mengagungkan Keesaan Allah SWT, maka yakinlah ampunan akan segera datang dan akan ditambahkan segala kebaikan serta nikmat yang banyak bagi hamba tersebut. 

"Pintu langit dan tiang Arsy akan berguncang saat mendengar do'a dan pertaubatan para hamba Allah tersebut, semoga kita adalah salah satunya yang mendapatkan keutamaan itu, " Tutupnya. 

Sebelumnya, Tim VII Safari Ramadhan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, dijadwalkan mengunjungi Masjid Baitul Amanah Nagari Panyubarangan Kecamatan Timpeh, Senin (19/04) malam. 

Selain mengikuti Sholat Isya dan Tarwih berjamaah, tim VII yang diketuai oleh Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan setempat, Ir Muhammad Afifi, juga akan memaparkan capaian pembangunan di Kabupaten Dharmasraya. 

"Ini adalah agenda tahunan biasa namun pelaksanaannya sempat terhenti tahun lalu akibat adanya pembatasan sosial akibat pandemi COVID-19, " Ungkap Ketua Tim VII, Ir MHD Afifi. (*)

 

Reporter : Rully Firmansyah | Editor : Heldi Satria
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]