Legislator Sumbar: Watek Ducati Menyajikan Suasana Asri


Rabu, 21 April 2021 - 22:14:41 WIB
Legislator Sumbar: Watek Ducati Menyajikan Suasana Asri Destinasi wisata alam Watek Ducati Solsel.

SOLSEL, HARIANHALUAN.COM - Legislator Sumatra Barat (Sumbar) fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurfirmanwansyah mengatakan objek wisata alam Watek Ducati di Solok Selatan (Solsel) menyajikan suasana nan asri.

"Watek Ducati yang berada di Jorong Durian Tigo Capang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Solsel salah satu destinasi yang memiliki keindahan alam dan suasana asri," kata mantan Wakil Bupati Solsel periode 2005—2010 itu.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif: 443, Sembuh: 291, dan Meninggal Dunia: 9 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurutnya, setelah beberapa kali melakukan kunjungan ke Watek Ducati, tidak pernah jemu. Bahkan, ingin berlama-lama menghabiskan waktu di lokasi itu.

"Selain menyajikan keindahan alam, Watek Ducati juga memiliki kolam-kolam ikan, wahana permainan dan pamandian air panas sehingga pengunjung bisa menikmati suasana dipinggir bukit nan asri. Tidak lupa, saung-saung tempat makan juga berada di atas kolam ikan," ucapnya.

Baca Juga : Waduh! Masyarakat Batu Basa Tak Terapkan Prokes Saat Salat Idul Fitri

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Momentum Ramadan ini, imbuh Nurfirmamwansyah Watek Ducati bisa dijadikan tempat berbuka bersama dengan keluarga maupun kerabat.

"Watek Ducati merupakan pilihan yang sangat bagus terutama untuk masyarakat Solsel," katanya.

Sebelumnya, Pengelola Wisata Alam Watek Ducati, Fitra Hidayat mengatakan pihaknya juga menyediakan dua kamar penginapan dengan harga murah, hanya Rp150 ribu/malam.

"Untuk tiket masuk hanya Rp2 ribu/orang dan jika ingin mandi di kolam air panas atau air dingin hanya Rp2 ribu dan dihari biasa parkir kendaraan juga kita gratiskan. Bagi yang ingin menikmati sepeda bebek Rp20 ribu untuk per-unitnya," ujarnya.

Menurut Fitra, pengelola juga menyediakan spot foto yang Instragam-able seperti 'jembatan cinta' dan 'kolam cinta'.

"Kami memiliki satu pondok aula dan 7 unit saung lesehan. Semuanya mampu menampung sekitar 300 orang. Namun, dikarenakan pandemi Covid-19, kita menerapkan protokol kesehatan," katanya.

Dia mengaku, Watek Ducati merupakan konsep wisata tengah kolam yang awalnya hanya berupa kolam ikan. Lalu, muncul ide menata konsep wisata alam. Ide muncul dengan menggeliatnya pariwisata di Indonesia.

"Kita sempat melakukan kunjungan wisata ke beberapa daerah di Indonesia untuk menerapkan wahana yang sesuai di Watek Ducati," sebutnya.

"Tapi Alhamdulillah, sampai saat ini kolam ikan masih bisa kita fungsikan dan melakukan panen setiap hari dengan hasil mencapai 100 kilogram per-hari. Harga ikan hanya Rp30 ribu/kilogram dan itu berlaku untuk harga agen dan warga yang datang langsung membeli," tuturnya.

Fitra berencana, dalam waktu dekat, Watek Ducati bakal dilengkapi fasilitas berkemah bagi nan hobi berkemah di alam, disamping menambah kamar saung-saung untuk penginapan.

"Semoga saja bisa terwujud. Nantinya, kita akan integrasi dengan aneka permainan outbound sebab lokasi mendukung ditepi bukit," ujarnya.

Fitra berharap wacana Pemerintah Solsel untuk meningkatkan akses jalan menuju lokasi segera terealisasi.

"Akses jalan sering disampaikan oleh pengunjung dan masyarakat yang datang. Saat ini sedang pengurusan lanjutan jalan menuju Watek Ducati untuk tahun 2022. Rencana jalan itu ada 5 kilometer gunakan rabat beton dan pengerasan sampe Watek Ducati," tutupnya. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]