BLK Komunitas Hadir di Sawahlunto, Targetkan Pengentasan Pengangguran


Kamis, 22 April 2021 - 15:22:05 WIB
BLK Komunitas Hadir di Sawahlunto, Targetkan Pengentasan Pengangguran Anggota DPR RI, Darul Siska dan Wali Kota Sawahlunto Deri Asta saat meninjau BLK Komunitas di Sawahlunto.

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Kenagarian Lunto resmi beroperasi pada Rabu (21/4/2021) kemarin. BLK Komunitas di Pondok Pesantren Yayasan Ababil Lunto ini membuka jurusan Teknik Informatika. Dengan jumlah peserta pelatihan sejumlah 16 orang, dimana setiap paket berdurasi selama 1 bulan.

Anggota Komisi IX DPR RI, Darul Siska saat meresmikan BLK tersebut menyebut tujuan dari BLK Komunitas ini adalah memperluas dan memperbanyak generasi muda calon tenaga kerja yang memiliki skill dan kompetensi sehingga berkesempatan membuka lapangan kerja sendiri atau pun menjadi tenaga kerja di perusahaan/instansi. "Saat ini tingkat pengangguran di Indonesia naik dari tahun lalu," katanya lagi.

Baca Juga : Idul Fitri saat Pandemi, Kepala ACT Sumbar Ingatkan Pentingnya Rasa Syukur

Sementara Walikota Sawahlunto, Deri Asta meminta Yayasan Ababil Lunto dapat menggunakan BLK ini semaksimal mungkin agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sehingga tingkat pengangguran bisa turun. "Saya juga minta bangunan dan peralatan - peralatan yang telah disediakan langsung dari Kemnaker RI ini hendaknya dijaga dan dirawat dengan baik," ujarnya lagi saat memberi sambutan.

Ketua yayasan Ababil, Yusnaldi mengatakan bahwa tahun ini BLK Komunitas mendapat jatah dua paket program pembelajaran dengan anggaran dana lima puluh juta perpaket. "Program BLK Paket pertama direncanakan akan dimulai setelah lebaran ini. Kita masih mendata calon peserta yang akan diikutkan," imbuhnya. (*)

Reporter : Agoes Embun | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]