Sri Mulyani Sebut Pemakaian Konsumsi Listrik Tumbuh 3,3 Persen


Jumat, 23 April 2021 - 14:55:13 WIB
Sri Mulyani Sebut Pemakaian Konsumsi Listrik Tumbuh 3,3 Persen Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan sektor konsumsi listrik menunjukkan pertumbuhan positif. Pemerintah mencatatkan konsumsi listrik mengalami kenaikan sebesar 3,3 persen per Maret 2021. Adapun realisasi itu berbanding terbalik dengan Februari 2021 minus empat persen.

“Tren konsumsi listrik berbalik arah dari minus empat persen, sekarang jadi positif," ujarnya berdasarkan data APBN KiTa seperti dikutip Jumat (23/4), dikutip dari Republika.

Baca Juga : Arus Balik, Pemudik Siap-siap Dibawa ke RSD Wisma Atlet jika Reakif Covid-19

Menurutnya pemakaian listrik di berbagai industri juga mengalami kenaikan. Hal ini menggambarkan kegiatan produksi mulai pulih.

"Kelompok industri pertama kalinya tumbuh positif semenjak Juli 2020 sebesar 4,3 persen," ucapnya.

Baca Juga : Di Indonesia, Donasi untuk Palestina Terkumpul Rp 5 Miliar dalam 2 Hari

Sri Mulyani menyebut realisasi konsumsi listrik sejalan dengan Purchasing Managers Index (PMI) manufaktur ke level 53,2. Adapun realisasi ini naik dari bulan sebelumnya berada pada level 50,9.

"Ini menunjukkan peningkatan aktivitas produksi," ucapnya.

Selanjutnya tingkat mobilitas masyarakat juga menunjukkan kenaikan sejak Maret 2021. Hal ini sejalan dengan indeks keyakinan masyarakat yang mulai pulih.

"Angka ini mendekati level mobilitas pra covid-19, jadi berharap mobilitas konsumsi seiring yang akan mendorong perekonomian Indonesia," ucapnya. (*)
 

Editor : Rahma Nurjana | Sumber : Republika
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]