Ketua DPD RI Minta Imigrasi Deportasi Warga India yang Eksodus ke Indonesia


Jumat, 23 April 2021 - 15:45:00 WIB
Ketua DPD RI Minta Imigrasi Deportasi Warga India yang Eksodus ke Indonesia Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti meminta pemerintah bertindak cepat menangani warga negara India yang eksodus ke Indonesia untuk menghindari 'tsunami' Covid-19 di negaranya. Kalau perlu, pemerintah segera mendeportasi mereka.

"Banyaknya WN India yang masuk ke Indonesia harus menjadi perhatian bersama. Bukan hanya Satgas Covid-19 saja yang harus bekerja, tapi harus ada kerjasama dari Ditjen Imigrasi dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) untuk menghindari eksodus besar-besaran dari negara itu," katanya, Jumat (23/4/2021).

Baca Juga : Arus Balik, Pemudik Siap-siap Dibawa ke RSD Wisma Atlet jika Reakif Covid-19

Ditekankan LaNyalla, penggunaan Kitas dan visa sebagai salah syarat untuk bisa masuk Indonesia di tengah pandemi harus dikaji ulang dan diambil kebijakan khusus bagi warga negara India.

"Harus diambil kebijakan khusus pelarangan bagi warga India sekalipun memegang Kitas, karena ini urgent dan termasuk dalam kejadian luar biasa. Kita khawatir terjadi imported case dengan varian Corona baru jika masalah ini tidak diantisipasi," tegar Senator asal Jawa Timur.

Baca Juga : Di Indonesia, Donasi untuk Palestina Terkumpul Rp 5 Miliar dalam 2 Hari

Untuk WN India yang sudah ada di Indonesia dan tidak memiliki kepentingan serius, dia meminta pemerintah melakukan langkah tegas dengan memulangkannya. Imigrasi perlu menindak tegas, bahkan mendeportasi jika didapati ada WN India yang masuk ke Indonesia tanpa kepentingan khusus, karena ini akan sangat membahayakan masyarakat Indonesia.

"Bukan berarti kita tidak peduli dengan India. Tapi akan menjadi ironi, karena di saat pemerintah gencar melarang warganya sendiri untuk mudik atau bepergian, namun tidak benar-benar menutup pintu masuk warga negara asing," papar LaNyalla. (*)

Reporter : Syafril Amir | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]