Senin Depan, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Zukri Misran dan H Nazaruddin Resmi Dilantik


Jumat, 23 April 2021 - 23:12:08 WIB
Senin Depan, Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan Zukri Misran dan H Nazaruddin Resmi Dilantik Bupati dan Wakil Bupati terilih Kabupaten Pelalawan Zukri Misran dan H Nazaruddin

PEKANBARU,HARIANHALUAN.COM-Bupati dan Wakil Bupati  Kabupaten Pelalawan Zukri Misran dan H Nazaruddin akan resmi  dilantik Gubernur Riau, Syamsuar.

Pelantikan dijadwalkan  digelar di Balai Pelangi Komplek Gedung Daerah Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru pada Senin (26/4/2021) pagi.

Baca Juga : Sebelum Pemilihan, DPRD Paripurnakan Dua Calon Wawako Hasil Seleksi Pansus

Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Riau, Sudarman, mengatakan, pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan tersebut setelah pihaknya mendapatkan SK dari Kementerian dalam negeri (Kemendagri). Pada pelantikan tersebut, nantinya juga para tamu undangan akan dibatasi. Pasalnya saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, sehingga harus menerapkan protokol kesehatan.

"Pelantikan dijadwalkan pada Senin pagi sekitar pukul 09.00 WIB. Pak Gubernur yang akan melantik sama seperti pelantikan kepala daerah terpilih sebelumnya.Undangan untuk pelantikan dibatasi, hanya keluarga inti serta Forkopimda Pelalawan saja. Ini karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19,” ujar Sudarman, dikutip dari Haluanriau.co, Jumat (24/4/2021).

Baca Juga : KPU Inhu Tetapkan Rezita dan Junaidi Sebagai Bupati dan Wabup Terpilih

Dijelaskan Sudarman, sebelum pelantikan Bupati Pelalawan terpilih, jabatan Bupati Pelalawan sementara ditunjuk Plh Bupati Pelalawan, oleh Sekda Pelalawan setelah masa jabatan Bupati Pelalawan HM Haris berakhir pada tanggal 21 April 2021.

“Sekarang Plh Bupati Pelalawan dijabat oleh Sekdanya. Sejak habisnya masa jabatan Bupati Haris tanggal 21 April. Karena SK Bupati Pelalawan sudah ada jadi pelantikannya tanggal 26 April, sebenarnya bersamaan dengan Rohul masa jabatan juga tanggal 21 April,” kata Sudarman.

Sementara itu, terkait dengan jabatan Bupati Rokan Hulu yang juga sudah habis masa jabatannya, Sudarman mengatakan, saat ini masih dijabat oleh Plh Bupati, oleh Sekda Rohul. Sedangkan untuk jabatan Penjabat Bupati Rokan Hulu, Pemprov Riau sudah mengajukan nama Pj Bupati, dan menunggu SK penetapan Mendagri.

“Kalau Rohul kan ada pemilihan suara ulang, dan sudah dilaksanakan. Tentu ada proses lainnya setelaj penghitungan, ada tingkatannya sampai ke Kecamatan dan Kabupaten. Selanjutnya pengesahan oleh KPU dan penetapannya. Proses bisa panjang, bisa jadi bersamaan pelantikannya di bulan Juli. Dan Inhu bisa juga bulan yang sama,” kata Sudarman. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluanriau.co
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]