Kabupaten Pesisir Selatan Launching Sekolah Merdeka Belajar


Kamis, 29 April 2021 - 10:56:06 WIB
Kabupaten Pesisir Selatan Launching Sekolah Merdeka Belajar Launching Sekolah Belajar Merdeka Kabupaten Pesisir Selatan

PESSEL, HARIANHALUAN.COM - Dinas Pendidikan Kabupaten Pesisir Selatan baru saja meluncurkan Sekolah Merdeka Belajar Kabupaten Pesisir Selatan pada Rabu (28/4/2021) kemarin. Sekolah Merdeka Belajar merupakan sekolah yang memberikan kemerdekaan kepada murid untuk mengarahkan tujuan, cara, dan penilaian belajarnya. 

Hal tersebut ditandai dengan orientasi pada penguasaan kompetensi dan pola belajar personalia. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pesisir Selatan, Suhendri mengatakan program SMB tersebut memiliki hal baru yang bisa dipelajari oleh guru dan murid.

Baca Juga : Tahun 2021, Kuota KIP Kuliah Perguruan Tinggi Agama Tanggungjawab Kemenag

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

"Program SBM juga bagus-bagus karena memudahkan guru dalam belajar. Ditambah dengan para mentor yang memberikan banyak pelajaran penting," katanya.

Baca Juga : Peringati Dies Natalis ke- 1, Upertis Gelar Kegiatan Kesenian hingga E-sport

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Tujuan prgram tersebut adalah membantu kepala sekolah dan guru dalam melakukan pembelajaran merdeka belajar. Kemudian, membantu kepala sekolah dan guru dalam melakukan strategi pembelajaran serta kepemimpinan. Sekolah belajar merdeka juga memberikan jejaring sekolah merdeka yang mempraktikkan pembelajaran secara berlelanjutan.

"Alurnya ada seleksi sekolah secara berjenjang, kemudian pelaksanaan program belajar SBM, pendampingan pasca program belajar SBM berbasis mentoring, dan publikasi bagaimana dampak program tersebut," jelasnya.

Suhendri menuturkan juga terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan sekolah atau guru dalam mengikuti kegiatan tersebut. Seperti membuat modul, mengisi assesment, dan membuat akun untuk publikasi.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]