Antisipasi Klaster Baru Jelang Lebaran, Pemko Padang Ingatkan Camat dan Lurah Awasi Protkes


Ahad, 02 Mei 2021 - 03:35:10 WIB
Antisipasi Klaster Baru Jelang Lebaran, Pemko Padang Ingatkan Camat dan Lurah Awasi Protkes Wali Kota Padang, Hendri Septa

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Wali Kota Padang Hendri meminta camat dan lurah se-Kota Padang untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan Covid-19 selama bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442H di Kota Padang.

Hal itu sering dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam rapat bersama kepala daerah se-Indonesia beberapa waktu lalu. Ia meminta, camat dan lurah agar lebih meningkatkan pengawasan protokol kesehatan Covid-19.

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Simak Terus Berita Sumbar Hari ini di Harianhaluan.com

"Libatkan semua unsur yang ada di kecamatan mulai dari Babinsa Babinkamtibmas, KAN, LKAM, unsur kepemudaan seperti  Karang Taruna, Tagana. Kemudian gerakkan terus Kongsi Covid-19 baik di kelurahan maupun di kecamatan," katanya, Sabtu (1/5/2021).

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Hendri menambahkan, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan untuk tidak boleh mudik antar provinsi. Namun bepergian antar daerah di kabupaten/kota tetap masih diperbolehkan. Hal inilah yang perlu dikhawatirkan karena akan mengundang orang dari kabupaten/kota di Sumatra Barat yang datang ke Kota Padang untuk berlibur.

"Oleh sebab itu, mari kita tingkatkan pengawasan supaya tidak terjadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Kota Padang. Dengan adanya pengawasan Covid-19 di setiap kecamatan dan Kelurahan maka hal ini sangat efektif untuk mencegah penyebaran Covid-19," kata Hendri lebih lanjut.

Hendri menambahkan, pengawasan protokol kesehatan Covid-19 harus terus dilakukan, tidak hanya menjelang lebaran namun juga pasca lebaran nanti. Karena usai lebaran nanti akan banyak warga kota Padang yang habis berlibur atau pulang kampung dari kabupaten/kota di Sumatra Barat.

"Hal ini perlu menjadi perhatian bagi kita bersama, jangan sampai masyarakat Kota Padang yang datang dari luar daerah menjadi klaster baru Covid-19 di Kota Padang. Untuk itu kepada setiap camat dan lurah supaya melihat dan mendata warganya yang keluar daerah (pulang kampung) supaya bisa dilakukan pemantauan," pungkasnya.(*)

Reporter : Merinda Faradianti | Editor : Merinda Faradianti
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]