Keren! Ibu-ibu di Padang Gelar Pengajian Akbar Mengisi Ramadan


Ahad, 02 Mei 2021 - 17:34:36 WIB
Keren! Ibu-ibu di Padang Gelar Pengajian Akbar Mengisi Ramadan Pengajian akbar yang digelar ibu-ibu di Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pendidikan tidak hanya bisa dicicipi oleh anak-anak saja. Sebagaimana yang dikatakan oleh Pembina Kajian, Muhammad Ulil Albab pada Pertemuan Akbar se-Kota Padang di Masjid Raya Sumatera Barat, Minggu (2/5/2021) dalam Rangka Kerinduan antar kelompok pengajian Yayasan Buniyal Islam Padang.

Pertemuan Akbar Jamaah Pengajian PPQ se-Kota Padang yang dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi di Masjid Raya Sumbar ini dihadiri oleh 450 jamaah yang tersebar dalam 12 kelompok pengajian di kota Padang. Ulil Akbar mengatakan, kegiatan pengajian ini rutin dilakukan oleh masing-masing kelompok yang terbagi dalam dua sesi pembelajaran. 

Baca Juga : Cegah Penularan Covid-19, Lapas Padang Lakukan Penyemprotan Desinfektan

Hari pertama, belajar membaca Al Quran dan menghafal. Sedangkan hari kedua, mendalami isi kajian dari Al Quran tersebut serta mempelajari hal lainnya. "Sehari-hari kita rutin mengadakan pengajian, dari membaca Al-Quran, menghafal, serta mendalami isinya," kata Ulil Albab kepada harianhaluan.com.

Kelompok pengajian ini, kata Ulil Albab, hanya dikhususkan untuk ibu-ibu yang berusia rata-rata 40 tahun keatas. Kenapa ibu-ibu? Karena mereka memegang peran penting sebagai kunci pendidikan di dalam rumah. "Saat ini fokus ke Ibu-ibu dulu, karena bapak-bapak juga sibuk mencari nafkah. Selain itu, kalau ibunya bisa ngaji, pasti diajarkan ke anak-anaknya," kata Ulil Albab.

Baca Juga : Jelang Lebaran, Perumda AM Padang Siagakan Petugas Lapangan

Dia menambahkan, selain membantu program pemerintah meningkatkan pendidikan bagi masyarakat, diharapkan pengajian ini dapat memberikan dukungan bagi orang tua yang ingin belajar di usianya. Tidak itu saja, pertemuan gabungan ini juga kerap dilakukan pada momen tertentu yang dihadiri lebih dari dua kelompok dengan tujuan menyamaratakan ilmu dan menjaga ukhuwah antar umat islam.

"Alhamdulillah, ketika kita gabungkan pengajian ada beberapa permintaan dari masyarakat untuk dibuka pengajian di sekitar mereka," kata pria yang kerap dipanggil Ustadz ini. 

Selain memperkuat semangat dan keakraban, Ulil Albab mengatakan bahwa pertemuan ini juga dilakukan dalam rangka pembagian 430 paket sembako untuk para mualaf dan jemaah yang kurang mampu. "Selain para mualaf dan jemaah kurang mampu, kami juga memberikan sembako untuk yang suka mengaji," kata Ulil Albab. (*)

Reporter : Sukmahayati | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]