BBPOM Padang: Hati-hati Penggunaan Kalium Sianida Tidak Ada Izin Khusus


Selasa, 04 Mei 2021 - 21:14:58 WIB
BBPOM Padang: Hati-hati Penggunaan Kalium Sianida Tidak Ada Izin Khusus Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang, Firdaus Umar memberikan pandangannya tentang kalium sianida yang biasanya digunakan sebagai racun tikus.

Menurutnya ada banyak racun yang mengandung sianida yang dijual untuk mengendalikan hama. Sehingga tidak ada izin khusus untuk penggunaan sianida. Jadi jika digunakan untuk meracuni seseorang memang sulit mengetahuinya.

Baca Juga : Mulai Besok! Destinasi Wisata di Padang akan Tutup Selama Tiga Hari

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Biasanya di kegiatan food security untuk menjaga keamanan pejabat negara, ada pengujian CN nya apakah ada di dalam pangan, jadi harus benar-benar negatif hasilnya," ujarnya.

Ada dosis tertentu yang mematikan, jadi jika melebihi dosis masuk ke dalam tubuh maka termasuk keracunan berat. Sianida tidak memiliki bau, sehingga sulit mengetahui ada kandungannya tercampur dengan bahan lainnya.

Baca Juga : Alhamdulillah! Tiga Tahanan Rutan Padang Bebas di Hari Lebaran

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Disisi lain, dr Pom Harry Satria dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sumbar menyebutkan racun yang masuk ke dalam tubuh dapat berdampak pada tubuh. Reaksi yang diperlihatkan merupakan bentuk penolakan tubuh.

Ketika terjadi kasus keracunan pada korban Nani Apriliani, biasanya respon masyarakat belum baik untuk bisa melakukan pertolongan pertama, sebab pengetahuan masyarakat akan racun masih sedikit. Sehingga tempat-tempat umum perlu menyediakan suatu pengelolaan komunikasi.

"Perlu sistem baru, meski kita belum maksimal memberikan pertolongan, namun bukan berarti kita membiarkan kejadian tersebut tanpa memberikan pertolongan," ujarnya. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]