Cegah Pemalsuan Data, PPDB Online 2021 di Sumbar Libatkan Disdukcapil


Selasa, 04 Mei 2021 - 22:59:45 WIB
Cegah Pemalsuan Data, PPDB Online 2021 di Sumbar Libatkan Disdukcapil Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Belajar dari tahun sebelumnya, proses Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2021 juga melibatkan Dinas Dukcapil setiap kabupaten dan kota di Sumbar. Hal ini untuk mencegah terjadinya pemalsuan data kependudukan.

Meski proses pendaftaran peserta didik baru-PPDB online baru akan dimulai pada akhir Juni 2021 mendatang, saat ini Dinas Pendidikan Sumbat telah melakukan sosialisasi PPDB SMA dan SMK tahun 2021.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 126 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

"Persiapan aplikasi pendaftaran sudah dimulai sejak Agustus 2020 oleh Diskominfo Sumatera Barat dan saat ini aplikasi masih menjalani proses di badan siber dan sandi negara," kata Kepala Diskominfo Sumbar, Jasman Rizal.

Jasman Rizal menyebutkan hal yang berbeda pada tahun ini, entri data tidak lagi dilakukan oleh siswa atau orang tua. Namun, entri data dilakukan oleh seluruh sekolah masing-masing yakni SMP atau MTS sederajat.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif Bertambah 94 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Terkini di Harianhaluan.com

Untuk mencegah terjadinya pemalsuan data kependudukan saat di entri, pelaksananaan PPDB juga melibatkan Dinas Dukcapil setiap kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Pedoman zonasi sekarang ini harus kartu keluarga minimal satu tahun di tempat tinggalnya. Hal ini agar tidak ada lagi membuat alamat atau zonasi palsu.

“Nah sekarang kita antisipasi, bekerjasama dengan disdukcapil. Zonasi itu dilihat dari KK dan itu paling lama satu tahun, kalau kurang dari setahun mereka tidak bisa pindah dia. Lokasi zonasi kita memakai GIS dengan sistem GPS. Jadi kordinat-kordinat itu sudah jelas dari jarak sekolah itu,” ucap Jasman Rizal.

Jasman Rizal menambahkan untuk entri data kali ini, kapasitas yang disediakan mencapai 150 ribu orang. Sedangkan target PPDB online sekitar 100 ribu orang. Untuk itu, masih banyak ruang sehingga tidak memberatkan saat entri data calon peserta didik. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]