Indonesia dan Andorra jadikan Pemuda sebagai Ujung Tombak Kerjasama ke Depan


Selasa, 04 Mei 2021 - 23:12:26 WIB
Indonesia dan Andorra jadikan Pemuda sebagai Ujung Tombak Kerjasama ke Depan Menlu Retno.

PARIS, HARIANHALUAN.COM - Pandemi COVID-19 tidak menyurutkan semangat kerja sama bilateral antara Indonesia dan Andorra yang terjalin sejak 26 Maret 1996. Selama 25 tahun terakhir, Andorra dan Indonesia telah bekerja sama erat, dengan berlandaskan pada aspek tanggung jawab, saling percaya dan kepentingan bersama dalam mengatasi berbagai tantangan dunia, tidak hanya dalam konteks bilateral namun juga pada tingkat internasional.

Andorra dan Indonesia berupaya untuk berkontribusi terhadap perdamaian dunia dan keamanan global, serta pembangunan berkelanjutan.

Baca Juga : Bingung Ziarah Kubur Dilarang, Dedi Mulyadi: Ganti Saja Jadi Wisata Religi

Melalui tema “Menghubungkan Masyarakat, Membangun Masa Depan Kita” dalam Peringatan 25 Tahun Hubungan Bilateral, Indonesia dan Andorra menempatkan pemuda sebagai ujung tombak dalam membangun dan memperkuat hubungan kerja sama.

Kedua negara yakin kekuatan kreatif dan inovatif generasi muda akan menjadi kunci dalam memajukan kerja sama kedua negara.

Baca Juga : Dukung Perjuangan Rakyat Palestina, Indonesia Lakukan Upaya Maksimal di Semua Lini

“Sebagai aktor utama dalam membangun hubungan bilateral AndorraIndonesia ke depan, ide-ide kreatif dan inovatif generasi muda kita akan memberikan kontribusi dalam menggali potensi dan peluang kerja sama kedua negara," kata Duta Besar Republik Indonesia di Paris, Arrmanatha Nasir, pada acara resepsi online Peringatan 25 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia dan Andorra yang diselenggarakan bersama oleh KBRI Paris dan Kementerian Luar Negeri Andorra pada tanggal 30 April 2021.

Menteri Luar Negeri Indonesia dan Andorra menyampaikan pidatonya pada resepsi daring tersebut. Keduanya menekankan bahwa kedekatan yang mempersatukan kedua negara selama 25 tahun, merupakan cerminan dari hubungan bilateral yang baik dan berlandaskan pada kepercayaan dan rasa hormat.

Andorra dan Indonesia telah membangun hubungan erat di berbagai bidang dan keduanya mendukung multilateralisme dalam memajukan agenda global dan mengatasi berbagai masalah yang kompleks, mulai dari perubahan iklim, terorisme, hingga pemulihan dari dampak pandemi COVID-19.

Menteri Luar Negeri Andorra, Maria Ubach Font, menekankan bahwa kerja sama multilateral yang kuat antara Andorra dan Indonesia, Ia yakini sebagai kunci dalam menghadapi tantangan global saat ini.

Dalam pidatonya tanggal 26 Maret 2021, Menteri Ubach Font, lebih lanjut mengacu pada dukungan Andorra terhadap the South East Asian Women Peace Negotiators and Mediators Network, sebagai contoh kerja sama multilateral yang kuat dan komitmen kedua Menteri Luar Negeri perempuan untuk meningkatkan partisipasi dan sumbangsih perempuan dalam proses pengambilan keputusan di tingkat internasional.

“Indonesia dan Andorra yakin bahwa multilateralisme yang efektif dan inklusif, sangat penting terutama dalam menghadapi krisis COVID-19 saat ini,” kata Menteri Ubach Font.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menegaskan Andorra merupakan mitra penting bagi Indonesia dan berkomitmen untuk mempererat hubungan kedua negara. Menteri Retno Marsudi menggarisbawahi bahwa Indonesia dan Andorra memiliki tujuan dan kepentingan yang sama untuk memastikan keterbukaan pasar dan perdagangan yang adil, memberdayakan perempuan dan pemuda, mengembangkan pariwisata berkelanjutan, dan mempromosikan digitalisasi.

“Meskipun tahun 2021 akan terus menjadi tahun yang sulit, namun tidak boleh menghalangi upaya bersama kita untuk membawa hubungan kedua negara ke tingkat yang lebih tinggi. Untuk itu mari kita bekerja sama dengan cara yang lebih kreatif dan inovatif dalam mewujudkan tujuan tema Peringatan 25 Tahun hubungan diplomatik Andorra-Indonesia”, demikian disampaikan Menteri Retno Marsudi dalam sambutannya.

Menandai peringatan 25 tahun ini, Iris Tallada, pelukis muda dari Andorra menggambarkan aliansi generasi muda kedua negara dalam sebuah lukisan. Iris melukis dua orang penari dengan pakaian tradisional masing-masing, dengan diiringi alunan gamelan Jawa dan tari Topeng Kelana, yang dibawakan oleh kelompok Gamelan Pantcha Indra, binaan KBRI Paris.

Resepsi daring yang disiarkan melalui media sosial KBRI Paris dan Kementerian Luar Negeri Andorra ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan 25 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Andorra.

KBRI Paris bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri Andorra juga akan menyelenggarakan webinar bertajuk “Youthpreneurship: Benefiting from the Digital Economy” pada paruh kedua 2021, dan mengundang pemuda kedua negara untuk turut berpartisipasi. (*)

Editor : Milna Miana | Sumber : Relis
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]