Didera Kerugian Akibat Pandemi Covid-19, Dua Perusahaan Pelayaran Tutup Usaha


Selasa, 04 Mei 2021 - 23:21:03 WIB
Didera Kerugian Akibat Pandemi Covid-19, Dua Perusahaan Pelayaran Tutup Usaha Ilustrasi (Net)

BATAM, HARIANHALUAN.COM-Dua perusahaan maskapai pelayaran di Batam, provinsi provinsi Kepri, akhirnya tutup usaha karena terus didera kerugian, akibat terdampak pendemi Covid-19 yang entah kapan akan berakhir.  

Kedua perusahan tersebut Awang Pa dan Tri Mitra Batam yang berada di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam.

Baca Juga : Pasar Uang Kripto Kembali Bergejolak, Rp 5.183 T Lenyap Kurang dari 3 Jam

Hal itu disebabkan minimnya penumpang dan biaya operasional yang cukup tinggi daripada pendapatan.

Sebelumnya, kedua perusa

Baca Juga : Kemendag Sebut Sebanyak 76.568 Ton Bawang Putih Impor Sudah Masuk Indonesia

han itu beroperasi melayani rute Batam tujuan Moro, Kabupaten Karimun. “Memang sejak covid-19 melanda Indonesia, khususnyadi Batam sudah ada dua perusahaan jasa pelayaran yang tutup sementara,” ujar Ketua bidang kapal penumpang DPC INSA Batam, Asmadi  seperti dilansir haluanriau.com, Selasa (04/05/2021).

Menurutnya lagi, kedua perusahan agen kapal itu tutup disebabkan biaya operasional tidak memungkinkan akibat jumlah penumpang yang sangat minim. Apalagi, setiap hari, dua agen kapal itu kerap mengalami kerugian materi, hingga terpaksa tutup total.

Tidak hanya dua perusahaan tersebut yang tutup total, pasca keluarnya surat edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah dan Upaya Pengendalian Penyebaran Covid-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah.

Agen kapal yang melayani antar provinsi akan tutup sementara sejak 6 – 17 Mei 2021 mendatang ini dan terhitung selama 11 hari. Rute-rute Batam – Semak – Repan – Tohor – Selat Panjang – Buton – Bengkalis dan Dumai akan ditiadakan di Pelabuhan di Batam.

“Besok terakhir keberangkatan antar Provinsi. Dan sejak 06-17 Mei 2021 ini, Dumai Line, Dumai Express Group tujuan Batam – Semak – Repan – Tohor – Selat Panjang – Buton – Bengkalis dan Dumai tidak beroperasi,” ujarnya.

Sementara itu, dari Batam – Tanjung Balai Karimun tetap beroprasi. Tidak beroperasinya kapal penumpang antar provinsi dalam mengikuti imbauan pemerintah dalam menekan angka covid-19. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Haluankepri.com
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]