Antisipasi Covid-19, Kabupaten/Kota Diminta Segera Lakukan Pembatasan Kegiatan


Selasa, 04 Mei 2021 - 23:23:39 WIB
Antisipasi Covid-19, Kabupaten/Kota Diminta Segera Lakukan Pembatasan Kegiatan Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sebanyak 17 Kabupaten/Kota di Sumbar pada pekan ini telah masuk dalam kategori zona resiko sedang penyebaran Covid-19 atau zona orange. Namun berdasarkan 15 indikator onset atau data sebenarnya, 17 daerah itu telah mendekati kategori zona merah.

"Kondisi penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat semakin mengkhawatirkan. Sebab setiap hari sejak awal April terjadi penambahan ratusan kasus positif Covid-19 dihampir seluruh daerah di Sumatera Barat," kata Juru Bicara SatgasPenanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal.

Baca Juga : Kesembuhan Pasien Covid-19 di Sumbar Bertambah 126 Orang

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Menurut Jasman, dengan meningkatnya status zona penyebaran Covid-19 di Sumatera Barat, kepala daerah diminta segera melakukan pembatasan kegiatan yang ada. Bagi daerah yang sudah masuk kategori zona orange seharusnya sudah tidak lagi memperbolehkan aktivitas keramaian seperti sekolah tatap muka, kegiatan di bulan Ramadan seperti pesantren ramadan, safari ramadan, berbuka bersama, dan tarawih.

"Seharusnya pembatasan kegiatan sudah harus dilakukan," ujarnya.

Baca Juga : Update Penularan Virus Corona di Sumbar, Pasien Positif Bertambah 94 Kasus

Simak Terus Berita Sumbar Hari Ini di Harianhaluan.com

Jasman mengatakan, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sudah berulang kali memperingati kepala daerah agar menyesuaikan setiap aktvitas di daerah dengan perkembangan zonasi penyebaran Covid-19. Sebab yang memiliki kewenangan dan otoritas melarang kegiatan keramaian masyarakat yakni masing-masing kepala daerah.

Jasman menambahkan, dibandingkan tahun lalu, kondisi penyebaran Covid-19 saat ini lebih mengkhawatirkan. Selain penambahan kasus aktif Covid-19 yang mencapai ratusan setiap hari, laju kematian juga meningkat. Sementara tingkat kesembuhan dan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan semakin menurun. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]