Gempa M 5,7 Sebabkan Kerusakan Beberapa Bangunan di Mentawai


Rabu, 05 Mei 2021 - 12:50:42 WIB
Gempa M 5,7 Sebabkan Kerusakan Beberapa Bangunan di Mentawai Kalaksa BPBD Mentawai Novriadi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gempa berkekuatan magnitudo (M)  5.7 pukul 08:24 WIB yang terjadi di Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat menyebabkan beberapa kerusakan beberapa bangunan. Hal itu disampaikan Kalaksa BPBD Mentawai Novriadi saat dikonfirmasi Harianhaluan.com, Rabu (5/5/2021).

Novriadi mengatakan bangunan yang mengalani kerusakan diantaranya ruangan IGD RSUD Kepulauan Mentawai yang mengalami keretakkan cukup parah.

Baca Juga : Kapal Ramadan Mentawai Antarkan Bantuan 10 Ton Pangan dan Logistik

"Kami sudah sampaikan kepada pengelola rumah sakit agar ruangan tersebut tidak digunakan, karena dapat membahayakan pasien maupun petugas rumah sakit yang ada di sana," ujarnya.

Selain itu satu unit puskesmas di desa Bosua, Kecamatan Sipora Selatan mengalani retak-retak namun masih aman untuk digunakan. Kemudian beberapa trafo milik PLN yang mengalami pergeseran dan sedang dilakukan pemulihan.

Baca Juga : SKB 3 Menteri tentang Seragam Sekolah Resmi Dibatalkan, Ketua LKAAM Sumbar: Negeri Ini Masih Punya Keadilan

"Bangunan-bangunan di Tuapejat baik perkantoran, hotel, rumah ibadah dan lainnya masih aman," kata Novriadi.

Saat terjadi gempa, tambah Novriadi, masyarakat setempat melakukan evakuasi mandiri keluar rumah. Guncangan akibat gempa terasa kuat, sebab kekuatan gempa mencapai 4 skala MMI.

Hingga siang ini keadaan sudah aman, baik di Tuapejat Sipora Utara maupun kecamatan lainnya. Masyarakatpun sudah beraktivitas kembali seperti biasa. (*)

Reporter : Endrik Ahmad Iqbal | Editor : Rahma Nurjana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]